Gendam Melancarkan Aksinya dengan Modus Pengobatan Alternatif

0
217
views

befren.com – Sudah tak asing lagi di masyarakat tentang gendam. Gendam sudah banyak menelan mangsa, berbagai kedok yang mereka lakukan supaya mendapat makanan empuk. Baru-baru ini polisi mengamankan tukang gendam berkedok pengobatan alternatif di Trenggalek. Pelaku ditangkap lantaran telah menipu dan membawa kabur harta berharga korban berupa emas.

Sebenarnya hal ini sudah banyak ditemui diberbagai tempat dengan modus hanya berbekal baju kebesarannya yaitu baju koko serta berpenampilan layaknya seorang kiai, pelaku sedang menyisir mangsa mencari ibu-ibu di wilayah Trenggalek.  Ahmad Fauzi (43) warga Pasuruan ini dengan teganya mengambil hak yang bukan miliknya, yang tidak habis pikir adalah mereka berpenampilan layaknya seorang Kiai, dengan motif memberikan jasa pengobatan alternatif.

Kasubdit III Jatanras Ditreskrimsus Polda Jatim, AKBP Leonard M Sinambela mengatakan, target pelaku dalam melancarkan aksi gendamnya adalah para ibu yang memakai perhiasan.

“Kebanyakan korbannya yakni wanita setengah baya yang menggunakan perhiasan,”ujar Leonard saat rilis di Mapolda Jatim, Jumat (26/10/2018).

Untuk memperlancar aksinya, tersangka menghampir korban yang sedang berjalan. Tersangka kemudian menghampiri korban dan menanyakan kepada korba apa punya penyakit, kemudian korban diajak masuk kedalam mobil. Sementara, didalam mobil telah menunggu dua orang laki-laki yang memakai jubbah putih dan sorban putih.

“Korban diajak salaman dan diberitahu bahwa korban akan diberi jimat tolak balak dengan syarat perhiasan yang dikenakan oleh korban harus dilepas semua,” lanjutnya.

Dengan tipu muslihat tersangka, korban akhirnya menyerahkan seluruh perhiasan yang dipakainya.

Lantas korban diberi bungkusan plastik warna hitam yang mana pada saat itu korban diberitahu bahwa kalung miliknya telah dijadikan satu dengan jimat yang dibungkus dalam plastik tersebut.

“Disaat korban membuka bungkusan jimat tersebut hanya berisi batu kerikil, biji makanan ringan dari melinjo dan uang Rp 2 ribu,” Bebernya.

Polisi berhasil mengamankan barang bukti berupa pakaian pelaku yang digunakan berpura pura menjadi kiai, 1 unit handphone merk Oppo warna hitam biru, sabuk hitam, tas selempang hitam, dan 1 buah kopyah hitam telah berhasil diamankan. (PJ)

Silahkan Komentar

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here