Gempa Terjadi Kembali di Lombok, dan Tidak Berpotensi Tsunami

0
18
views

befren.com – Gempa dengan kekuatan 5,7 skala richter mengguncang wilayah Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB), Kamis (6/12) pagi.Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) menyampaikan, gempa yang terjadi di wilayah Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB), pada Kamis (6/12/18), bukan bermagnitudo 5,7 Skala Richter (SR), namun 5,3 SR.

“Pusat gempa di darat pada 23 km Barat Laut Mataram pada kedalaman 10 km. Gempa tidak berpotensi tsunami,” ungkap Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB, Sutopo Purwo Nugroho, dalam keterangan tertulis kepada wartawan, Kamis (6/12/18).

Sutopo mengatakan, Posko BNPB telah mengkonfirmasi dampak gempa tersebut. Menurutnya, guncangan gempa dirasakan kuat selama 5 detik di Kota Mataram.
“Di Kabupaten Lombok, gempa terasa kuat sekitar 4-5 detik. Masyarakat panik dan keluar dari kantor atau gedung pembangunan. Anak-anak SD sebagian telah dipulangkan,” ujarnya.

Sedangkan di Denpasar, Bali, Sutopo menyampaikan, gempa bumi yang dirasakan tidak terlalu kuat. Namun kendati demikian, masyarakat tetap diimbau untuk keluar dari rumah ataupun gedung-gedung tinggi.

Sutopo menjelaskan, dampak gempa bumi ini menimbulkan guncangan di daerah Lombok Utara dalam skala intensitas VI MMI, Lombok Barat dan Mataram V MMI, Lombok Tengah dan Lombok Timur IV MMI, Denpasar III-IV MMI, Jimbaran, Tabanan, Nusa Dua dan Sumbawa III MMI, Karangasem, Singaraja dan Kuta II-III MMI.

“BNPB belum mendapatkan laporan korban jiwa dan kerusakan bangunan. Tim Reaksi Cepat BPBD masih mengumpulkan informasi mengenai dampak gempa tersebut,” katanya.

Seperti diketahui, seperti dikutip dari situs Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), pusat gempa terjadi sekitar pukul 08.02 WIB dan berada di darat sekitar 23 km Barat Laut Mataram di posisi 8.37 Lintang Selatan (LS) dan 116.06 Bujur Timur (BT) dengan kedalaman 10 kilometer. (PJ)

Silahkan Komentar

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here