Dikerahkan untuk 1000 Petugas Menyiapkan Logistik Pemilu 2019

0
74
views

befren.com – Coblosan pemilu 2019 di Kabupaten Jombang tersisa 19 hari lagi. Kini KPU masih waswas, karena masih  26 ribu surat suara yang belum dikirim dari pusat. Di sisi lain, petugas KPU akan mengerahkan 1.000 petugas terdiri dari internal KPU, PPK dan PPS untuk melakukan packing 5 juta surat suara.

Sejumlah petugas tampak sibuk menata ribuan kotak suara di Gudang logistik KPU Jl KH Hasyim Asy’ari, Kecamatan Jombang kemarin (28/3). Beberapa petugas  memasukan tinta, alat coblos hingga bantalan coblos satu per satu ke dalam sebuah kotak suara yang berbahan karton.

Ya, beginilah pemandangan sehari hari persiapan menjelang coblosan yang tinggal 19 hari lagi. Petugas harus selektif dan teliti dalam memasukkan dan menghitung kebutuhan logistik. Sebab jika sampai ada yang kelewatan bakal berakibat fatal berpengaruh pada proses coblosan di TPS 17 April mendatang. Bahkan, petugas mengaku jam istirahat mereka kepotong untuk mempersiapkan logistik. Setiap hari mereka lembur bahkan baru bisa istirahat pukul 24.00.

Sesuai dengan kebutuhan coblosan di Jombang, KPU butuh 5.119.550 surat suara, terdiri dari surat suara pilpres, DPD, DPR RI, DPRD provinsi, dan DPRD kabupaten. Selain itu, juga butuh 21.475 kotak suara,  Ditambah, 8.590 tinta yang tersebar di 4.295 TPS.

Untuk menata jutaan surat suara tersebut, KPU hanya memiliki waktu 13 hari terhitung hari ini sebelum didistribusikan pada 10 April mendatang. Heri Subagyo Kasubag Keuangan, Umum dan Logistik KPU Jombang menjelaskan, kebutuhan logistik untuk pemilu di Jombang sudah mencapai 90 persen. Sisanya, sebanyak 26 ribu surat suara rusak dan kurang kirim belum dikirim dari KPU pusat. ”Selain itu untuk logistik C6 (surat pemberitahuan pemilih) dan alat bantu coblos tuna netra belum dikirim dari KPU RI. Mudah-mudahan dalam waktu dekat segera tiba,” ujar dia.

Sembari menunggu kekurangan surat suara itu, pihaknya sudah memulai proses packing. Mulai dari bantalan, sampul dan formulir sudah dimasukan kotak suara. ”Kita sudah memulai, namun untuk packing surat suara belum, karena baru akan kita mulai 30 April menunggu PPK dan PPS,” jelas dia.

Apa upaya KPU untuk mempersiapkan logistik? Heri menguraikan, pihaknya akan melibatkan lebih dari 1.000 orang untuk packing 5 juta surat suara. Bahkan, pihaknya sudah memecah proses packing logistik di empat titik. Diantaranya, GOR Merdeka, Gudang Tenis Indoor, dan dua gudang yang disewa KPU di Jl Hasyim Asyari.

Setiap hari di sana, petugas berjubel mengemas dan menghitung kebutuhan logistik sejak sebulan terakhir. ”Jadi nanti khusus untuk packing surat suara kita ada 918 petugas PPS, ditambah 105 petugas PPK dan 30 orang dari internal kami. Insya allah mencukupi waktunya,” beber dia.

Disisi lain, dia juga memastikan keempat gudang tempat penyimpanan logistik aman dari kebocoran selama musim hujan ini. GOR Jombang yang sempat bocor beberapa bulan lalu, kini sudah aman. ”Alhamdulilah tempat penyimpanan logistik aman. Kita selalu menempatkan petugas kita dibantu petugas kepolisian untuk berjaga di sana 24 jam,” pungkasnya. (*)

Sumber : radarjombang

Silahkan Komentar

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here