BKD: Usulkan Tambahan 250 Formasi, Jatah Kuota CPNS 2018 Pemkot Blitar Belum Turun

0
928
views

befren.com – Sampai saat ini Pemkot BlitarĀ  belum mendapatkan informasi resmi terkait jatah formasi dalam perekrutan calon pegawai negeri sipil (CPNS) 2018 dari pemerintah pusat. Tetapi, Pemkot Blitar optimistis usulannya sebanyak 250 tenaga dari tiga formasi CPNS 2018 ini akan disetujui.

“Pasti disetujui (usulan formasi CPNS 2018 dari Kota Blitar), rencananya, besok (Rabu) masih rapat sekaligus pembagian formasi di Surabaya,” kata Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kota Blitar, Suyoto, Selasa (11/9/2018).

“Pemkot Blitar mengusulkan tambahan sebanyak 250 personel dalam rekrutmen CPNS 2018. Tambahan sejumlah personel itu untuk formasi tenaga pendidik (guru), tenaga kesehatan, dan tenaga infrastruktur” kata Suyoto

“Paling banyak tambahan untuk tenaga guru, tapi jumlah rincinya saya tidak hafal,” ujarnya.

Dikatakannya, jumlah tenaga yang diusulkan itu belum memenuhi semua kekurangan kebutuhan pegawai di lingkungan Pemkot Blitar.

Dia memperkirakan kekurangan kebutuhan tenaga di Pemkot Blitar mencapai 1.000 pegawai.

Rata-rata tiap tahun ada sekitar 100 PNS di Pemkot Blitar yang memasuki masa pensiun. Sementara itu, sejak 2014 sampai sekarang tidak ada rekrutmen CPNS dari pemerintah pusat. Selama ini, Pemkot memaksimalkan tenaga yang ada untuk pelayanan masyarakat.

“Tidak masalah belum memenuhi semua kebutuhan pegawai di Pemkot Blitar. Yang penting tahun ini ada tambahan rekrutmen pegawai untuk Kota Blitar,” ujarnya.

BKD Kota Blitar tetap menyiapkan panitia dan sarana prasarana untuk persiapan pelaksanaan seleksi CPNS 2018.

BKD juga segera mengumumkan formasi pendaftaran CPNS 2018 di Kota Blitar ke masyarakat.

“Kalau formasi sudah turun segera kami umumkan ke masyarakat,” katanya.

“Dengan sistem CAT, peserta bisa langsung mengetahui nilai mereka masing-masing setelah mengerjakan soal. Peserta lain juga bisa terus memonitor nilai dari seluruh peserta ujian. Jadi untuk berbuat curang kemungkinannya kecil,” tutur Suyoto.

Dia juga mengimbau masyarakat agar tidak tergiur dengan iming-iming yang diberikan seseorang yang mengaku bisa meloloskan dalam rekrutmen CPNS. Sebab, ujian CPNS kali ini menggunakan sistem Computer Assisted Test (CAT) atau berbasis komputer. Dengan sistem itu, tidak memungkinkan ada campur tangan dari pihak lain termasuk panitia. (PJ)

Silahkan Komentar

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here