Ratusan Lagu dan Album K-pop Telah Dihapus dari Spotify Worldwide

0
95
views

befren.com – Akhir-akhir ini, banyak lagu dan album K-pop tidak lagi tersedia untuk streaming di Spotify di seluruh dunia. Secara khusus, karya yang didistribusikan oleh Kakao M telah dihapus. Dan kini, platform streaming populer tersebut telah mengonfirmasi bahwa penghapusan rilis K-pop memang telah dilakukan.

Ratusan Lagu dan Album K-pop Dihapus dari Spotify

Spotify adalah salah satu layanan streaming terkenal di dunia, dengan 35% pangsa pasar streaming musik global. Pada 1 Februari 2020, platform ini telah resmi diluncurkan di Korea Selatan, dan di antara artis K-pop yang telah merilisnya adalah Epik High, IU, Zico, MAMAMOO, SEVENTEEN, LOONA, (G) I-DLE, dan MONSTA X.

Namun, baru-baru ini, lagu dan album K-pop dari artis tersebut telah dihapus dari Spotify. Khususnya, karya yang didistribusikan oleh Kakao M telah dihapus di seluruh dunia. Label ini dikenal dengan pangsa besar musik Korea, memetakan 37,5% lagu oleh artisnya di Top 400 Yearly Song Chart 2020 yang dirilis oleh Gaon Music Chart.

Setelah menemukan penghapusan mendadak dari lagu dan album K-pop oleh artis favorit mereka, penggemar menggunakan Twitter untuk menggunakan istilah “Kakao M” dan “Spotify” karena ketidakpuasan. Beberapa bahkan membatalkan langganan premium mereka setelah mengetahui bahwa mereka tidak dapat lagi mengalirkan sebagian besar konten yang mereka bayar. Selain fans, Tablo Epik High menunjukkan kekecewaannya lewat Twitter.

Spotify Menjelaskan Mengapa Lagu dan Album K-pop Tidak Lagi Tersedia di Platform

Dalam sebuah pernyataan melalui NME, sebuah media Inggris, Spotify menjelaskan bahwa daftar Kakao M di platform streaming tidak lagi tersedia untuk pengguna di seluruh dunia mulai 1 Maret. Ini karena habisnya lisensi mereka antara kedua pihak. Perwakilan dari Spotify menambahkan bahwa mereka telah berdiskusi dengan Kakao M selama lebih dari satu setengah tahun terakhir untuk memperbarui perjanjian lisensi global.

Kesepakatan di antara mereka akan memungkinkan lagu dan album K-pop yang dirilis oleh artis di bawah label Korea tetap tersedia untuk lebih dari 345 juta pengguna Spotify di sekitar 170 pasar di seluruh dunia. Namun, setelah banyak pertimbangan, kesepakatan perizinan yang ada antara keduanya telah berakhir.

Spotify melanjutkan dengan mengatakan, “Fakta bahwa kami belum mencapai kesepakatan tentang kesepakatan global baru sangat disayangkan bagi artis mereka, serta untuk penggemar dan pendengar di seluruh dunia.”

Mereka juga mengungkapkan harapan mereka bahwa “gangguan ini hanya sementara” dan mereka dapat segera menyelesaikan masalah tersebut. Platform streaming menyimpulkan, “Kami berkomitmen untuk bekerja dengan pemegang hak lokal termasuk Kakao M untuk membantu menumbuhkan pasar musik Korea dan ekosistem streaming secara keseluruhan bersama-sama.”

Sebagai permulaan, MelOn adalah salah satu layanan streaming paling populer di Korea Selatan, di mana Spotify juga tersedia sekarang. Namun, sejak hari pertama, tidak ada lagu dan album K-pop yang didistribusikan oleh Kakao M yang tersedia untuk streaming di Spotify Korea. Ini kemungkinan karena perusahaan Korea bertanggung jawab mengelola MelOn, pesaing terbesar Spotify di negara tersebut.

Silahkan Komentar

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here