Pengaruh Musik Mozart untuk Kesehatan dan Kecerdasan

- Advertisement -
- Advertisement -

befren.com – Karya-karya Mozart masih mengalun indah sampai hari ini dan memiliki manfaat yang besar bagi peningkatan kecerdasan dan kesehatan. komponis musik klasik yang dikenal sebagai anak ajaib. Sejak masih anak-anak Mozart telah berkarya dan aktif bermain musik loh.

Kehebatan Mozart dalam Berkarya

Mozart dilahirkan dari keluarga musisi, sehingga sejak kecil Mozart selalu berdampingan dengan alat musik. Sang ayah bernama Leopold mengarahkan Mozart untuk terjun di dunia musik. Dapat dikatakan, bahwa sang ayah memiliki ambisi besar terhadap karir Mozart. Leopold mempromosikan bakat Mozart kepada raja-raja dan menemani tur panjang Mozart.

Pertunjukan opera pertama Mozart dilakukan di Ponto dengan judul Mitridate. Pertunjukan ini yang menjadi awal tur panjang Mozart hingga karyanya mulai dikenal. Awal perjalanan ini membuat karier Mozart melesat dan mulai menciptakan karya-karya yang fenomenal. Karya-karya Mozart yang terkenal, yaitu Serenade no. 13 for Strings in G Major, Symphony N0.40, Smyphony No.25 in G minor, The Marriage of Figaro, Piano Concerto No, 21 in C Major, Requiem, Clarinet Conserto, dan lainnya.

Meskipun kehidupan Mozart tidak berjalan indah, namun karyanya selalu terdengar indah. Kesedihan masa kecil karena ambisi ayahnya, kehidupan ekonomi yang terpuruk, dan kondisi kesehatan yang memburuk. Segala kepedihan dunia yang dialaminya sama sekali tidak tergambar dalam karyanya. Mozart berhasil memisahkan antara kehidupan pribadi dan karyanya sehingga tidak mudah bagi orang lain untuk mengetahui kesedihan hidupnya.

Mozart memberikan pelajaran yang luar biasa dalam hidup, bahwa seseorang pasti bisa mengatasi kesedihan dan penderitaan tanpa menunjukkannya kepada orang lain. Selain itu, hal ini dapat menunjukkan bahwa Mozart memang sangat mencintai musik sehingga dapat mengambil sikap bijaksana untuk membuat karya yang bermanfaat bagi pendengar tanpa membumbui kisah pribadi. Namun, bukan berarti seseorang yang membuat karya dengan inspirasi kisah pribadi adalah salah, semua itu kembali pada pilihan masing-masing.

Pengaruh Karya Mozart bagi Kehidupan

Karya musik Mozart memiliki pengaruh yang besar bagi kehidupan. Musik Mozart memiliki pesona tersendiri dan memiliki manfaat yang luar biasa di bidang kesehatan dan pendidikan. Beberapa pengaruh musik Mozart yang perlu diketahui, sebagai berikut:

1. Meningkatkan Kecerdasan

Musik Mozart bermanfaat untuk meningkatkan kecerdasan anak. Belajar sambil mendengarkan musik Mozart dapat membantu menyamankan dan mempengaruhi kondisi fisiologis anak. Hal ini dapat berpengaruh pada kenyamanan anak saat belajar dan kemampuan untuk menyerap pelajaran.
Dian Nusa Noviyanti dan rekannya Romirio Turang Purba dari Universitas Kristen Satya Wacana Salatiga melakukan penelitian mengenai pengaruh musik Mozart terhadap hasil belajar IPA siswa kelas 4 Sekolah Dasar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa musik Mozart berpengaruh terhadap hasil belajar siswa. Siswa yang belajar dengan latar belakang musik Mozart dapat belajar dengan lebih baik dan nilainya mengalami peningkatan.

2. Mengurangi Stress

Pada bidang kesehatan, alunan musik Mozart bermanfaat untuk mengurangi stress dan memberikan efek relaksasi bagi pendengarnya. Mendengarkan musik klasik Mozart dapat menurukan kadar kortisol dalam tubuh. Ibu hamil sangat dianjurkan untuk mendengarkan musik klasik untuk memberikan efek nyaman. Bahkan, bagi kamu yang sedang stress mengerjakan skripsi, bisa memilih salah satu musik Mozart untuk didengarkan supaya bisa lebih tenang.

3. Meningkatkan Kualitas Tidur

Bagi kamu yang memiliki kebiasan tidur sambil mendengarkan alunan musik. Kamu bisa memilih salah satu musik Mozart untuk menemani tidur supaya menjadi lebih nyaman. Bahkan, kamu bisa terlelap sepanjang malam. Musik Mozart yang memiliki alunan pelan dapat membantu menyamankan tidur kamu.

Demikianlah, pengaruh musik Mozart di bidang pendidikan dan kesehatan. Ternyata, keajaiban Mozart masih berpengaruh hingga hari ini. Karyanya tetap dikenang dengan baik sehingga karyanya tetap hidup meskipun Mozart telah tiada. Yuk, segera pilih musik Mozart favorit kamu dan mulailah belajar, menenangkan diri, atau pun terlelap. Sesuaikan saja dengan kebutuhan kamu.

Referensi:
Rosanty, Rina. 2014. “Pengaruh Mozart dalam Mengurangi Stres pada Mahasiswa yang Sedang Skripsi. Journal of Educational, Health anda Community Psychology. Volume 3 Nomor 2.
- Advertisement -
bella sika
bella sika
Dalam hidup, setiap masalah adalah pelajaran berharga. Setiap cobaan yg datang adalah proses pendewasaan diri

Latest news

Related news

- Advertisement -

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here