Belajar Main Piano untuk Pemula dengan Mudah

0
97
views
Cara mudah bermain piano

befren.com – Belajar bermain piano bisa tampak seperti tantangan yang cukup besar bagi seorang pemula. Anda mungkin sedang menatap keyboard Anda sekarang, bertanya-tanya ‘dari mana saya harus memulai?’

Tapi jangan biarkan semua kunci itu mengintimidasi Anda! Pengertian keyboard sebenarnya cukup sederhana, Anda hanya perlu tahu apa yang harus diperhatikan.

Mengidentifikasi Oktaf

Hal pertama yang akan kita lakukan adalah memecah piano menjadi beberapa bagian yang lebih mudah diatur. Jika Anda melihat lebih dekat pada keyboard, Anda akan melihat bahwa sebenarnya ada pola bagaimana tuts-tuts diatur. Mereka ditata sedemikian rupa sehingga setelah 12 tuts, not-not tersebut terulang kembali. Kami menyebut urutan 12 kunci ini sebagai Oktaf. Piano tradisional 88 tuts dapat dibagi menjadi hanya 7 oktaf. Belajar mengidentifikasi pola oktaf ini sangat penting untuk menemukan jalan Anda di sekitar keyboard.

Menemukan Middle C

Sekarang setelah Anda tahu cara membagi piano Anda menjadi oktaf diskrit, menemukan nada tertentu itu mudah! Mari kita mulai dengan nada terpenting pada piano, C Tengah. Bagaimana kita menemukannya? Perhatikan tuts hitam piano, dan perhatikan bagaimana pola tuts hitam di seluruh keyboard, bergantian antara pengelompokan tiga tuts hitam dan dua tuts hitam.

Untuk menemukan nada ‘C’ apa pun, cukup lakukan pengelompokan dua kunci hitam itu dan mainkan kunci putih tepat di bawah kunci hitam terendah. Anda dapat melihat pola ini di seluruh keyboard, jadi jika Anda ingin menemukan nada ‘C’ di mana saja, yang harus Anda lakukan adalah menemukan pengelompokan dua tuts hitam itu!

C tengah adalah nada ‘C’ keempat dari bagian bawah piano. Buat catatan khusus karena ini akan menjadi pangkalan Anda untuk mempelajari seluruh instrumen.

Memberi nama Note

Mengetahui Middle C adalah satu hal, tetapi bagaimana dengan semua nada lain dalam oktaf? Catatan ini semuanya diberikan surat juga. Untuk saat ini, fokus saja pada tuts putih. Berjalan naik dari tengah C, urutan nada adalah D, E, F, G, A, B, dan kemudian pola oktaf berulang dengan C lagi.

Memberikan nomor pada jari

Untuk memainkan piano dengan kemampuan terbaik kami, Anda harus memastikan untuk bermain dengan penjarian yang tepat. Langkah pertama untuk membuat jari yang tepat adalah memberi nomor pada jari itu sendiri. Untuk kedua tangan, jari-jari berubah dari # 1 untuk jempol menjadi # 5 untuk jari kelingking.

Memainkan Scales

Sekarang setelah Anda mengetahui angka-angka untuk jari-jari Anda dan nama-nama notnya, Anda dapat menerapkan pengetahuan Anda untuk memainkan skala C mayor. Skala C mayor terdiri dari delapan nada dari C ke C dalam oktaf di atas. Ini berarti Anda perlu mempelajari beberapa teknik jari khusus untuk membuat lima jari Anda memainkan urutan delapan nada dengan lancar.

Pola penjarian di tangan kanan adalah 1, 2, 3, 1, 2, 3, 4, 5. Perhatikan bagaimana pengaturan penjarian ulang antara nada ke-3 dan ke-4 dari tangga nada. Untuk memainkan urutan penjarian ini dengan lancar, Anda harus menguasai teknik yang disebut jempol. Sebuah thumbtuck melibatkan penekukan ibu jari Anda di bawah tangan Anda untuk memainkan reposisi tangan Anda dan terus memainkan frase. Meskipun kelihatannya sederhana, thumbtuck adalah salah satu keterampilan terpenting dalam serangkaian trik pianis, jadi pastikan Anda selalu menyadarinya selama sesi latihan!

Saat memainkan tangga nada di tangan kiri, semua aturan yang sama berlaku, kecuali tangan kita bercermin. Ini berarti pola penjariannya adalah 5, 4, 3, 2, 1, 3, 2, 1. Perhatikan jari tengah antara nada 5 dan 6. Gerakan ini mirip dengan tangan kanan, tetapi kali ini jari tengah Anda akan menyeberang untuk terus memainkan tangga nada.

Berlatih tangga nada hanyalah salah satu dari banyak cara untuk membangun kepercayaan diri dan musikalitas sebagai pemain piano. Saat Anda mempraktikkannya, pastikan Anda menguasai teknik dan jari Anda secara konsisten.

Silahkan Komentar

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here