Tumbuhan Kaktus Tidak Sekedar Sebagai Tanaman Hias, Inilah Manfaat Kaktus Bagi Kesehatan

1
1154
views

befren.com – kaktus memiliki nama latinnya adalah Cactaceae. Tumbuhan ini juga memiliki banyak species. Bentuknya yang unik membuat kaktus populer sebagai tanaman hias. Tumbuhan ini juga biasa disebut sebagai tumbuhan sekulen. Tumbuhan sekulen adalah tumbuhan yang menyimpan air di dalam tubuhnya.

Dalam ilmu biologi, bagian batang pada tumbuhan ini berukuran besar dikarenakan fungsinya untuk menampung persediaan air. Pada tumbuhan kaktus ada beberapa bagian tubuh, yaitu akar, batang, daun, bunga dan buah.

Kaktus umumnya memiliki batang yang mengandung herba atau kayu yang mengandung klorofil. Ciri khusus kaktus membuat menjadikan tanaman ini unik dan banyak digemari. Tak hanya menjadi tanaman hias saja, akan tetapi kaktus mempunyai banyak manfaat lho, contohnya seperti di bawah ini:

Menurunkan risiko kanker

Sebuah penelitian yang dilakukan pada hewan menunjukkan bahwa kaktus dapat menghambat pertumbuhan tumor di dalam tubuh. Manfaat ini berasal dari kandungan antioksidan yang begitu beragam. Dengan makan kaktus, salah satu manfaat yang Anda terima adalah mendapatkan antioksidan berupa pektin, karoten, asam askorbat, betalain, polifenol, dan asam galat. Seluruh senyawa antioksidan ini melindungi tubuh Anda dari radikal bebas yang memicu pembentukan kanker.

Memperlancar pencernaan

Kaktus ternyata juga memiliki manfaat untuk melancarkan pencernaan.

Kaktus mengandung banyak serat pangan yang penting bagi proses pencernaan. Kandungan serat pada makanan membuat feses menjadi padat sehingga lebih mudah dikeluarkan dari saluran cerna.

Kaya kandungan nutrisi

Seperti bahan makanan pada umumnya, kaktus mengandung berbagai nutrisi bermanfaat. Kaktus mentah seberat 128 gram mengandung 3 gram karbohidrat, 1 gram protein, 2 gram serat, dan 14 kalori.

Manfaat lain dari makan kaktus adalah memberikan tubuh Anda 20 mikrogram vitamin A, 8 miligram vitamin C, 4.6 mikrogram vitamin K, dan 141 miligram kalsium.

Vitamin dan mineral adalah dua nutrisi yang penting untuk menjaga kelangsungan fungsi tubuh.

Asupan serat yang Anda peroleh dari makan kaktus juga merangsang gerak peristaltik (gerakan meremas) pada otot-otot halus di sepanjang usus.

Kondisi ini dapat mengurangi risiko gangguan pencernaan seperti diare dan sembelit.

Membantu mengendalikan gula darah

Makan kaktus dinilai aman bagi penderita diabetes karena dapat membantu mengendalikan gula darah. Hal ini didukung oleh sebuah penelitian yang dimuat dalam jurnal ISRN Pharmacology.

Penelitian tersebut menemukan bahwa ekstrak biji kaktus bisa menurunkan gula darah sekaligus meningkatkan glikogen pada otot dan hati.

Manfaat makan kaktus yang satu ini akan semakin baik jika diimbangi dengan konsumsi obat-obatan sesuai dengan resep dokter.

Membantu menurunkan berat badan

Makan kaktus juga membawa manfaat untuk menurunkan berat badan. Kaktus dapat menurunkan berat badan dengan berbagai cara.
Pertama, kandungan vitamin B kompleks di dalamnya akan mempercepat laju metabolisme sehingga akan lebih banyak kalori yang dibakar.

Kedua, kandungan serat pada kaktus dapat membuat Anda kenyang lebih lama dan mencegah makan berlebihan. Ketiga, kaktus dapat menurunkan kolesterol jahat dan membantu proses pembakaran lemak.

Kaktus memang tidak sepopuler bahan lainnya untuk dijadikan olahan makanan. Padahal, makan kaktus bisa membawa banyak manfaat yang belum diketahui banyak orang.

Silahkan Komentar

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here