Tips Sehat Menjalankan Ibadah Puasa Agar Stamina Tetap Terjaga

0
309
views

K

ini telah tiba bulan puasa yang telah di nanti-nanti bagi umat islam. Sepanjang bulan puasa, umat Islam menjalankan ibadah puasa selama kurang lebih 13 jam setiap harinya, hingga sekitar 30 hari lamanya.

Meski demikian, tubuh tetap tidak dapat menghindari kehilangan cairan melalui keringat, uap air saat bernapas atau berbicara. Tak hanya ancaman kekurangan energi dan cairan saja, tubuh pun rentan kekurangan mikronutrien, yaitu vitamin dan mineral.

Untuk menyiasati kemungkinan kekurangan berbagai zat gizi tersebut, Anda dapat mengonsumsi suplemen kesehatan. Jenis suplemen yang dipilih pun tentu harus disesuaikan dengan kondisi dan kebutuhan tubuh.

Suplemen yang mengandung mineral

Mineral memiliki peran penting bagi tubuh. Mineral seperti zink, magnesium, selenium, kalsium, dan fosfor, semuanya penting untuk menjaga kelangsungan berbagai jalur metabolisme dalam tubuh. Tanpa mineral-mineral tersebut, metabolisme tidak akan berjalan baik. Akibatnya, tubuh pun akan mudah terserang penyakit. Oleh karena itu, Anda harus memastikan asupan mineral tetap terjaga selama bulan puasa. Jangan lupa untuk memperhatikan kandungan dalam suplemen dan pastikan mineral yang terkandung di dalamnya lengkap dan seimbang.

Vitamin C dan zinc

Untuk mendapatkan vitamin C dan Zinc dengan mengonsumsi buah-buahan dan sayuran. Beberapa buah yang mengandung vitamin C antara lain jeruk, jambu biji, kiwi, melon, stoberi, pepaya, mangga, dan nanas. Sedangkan sayuran yang mengandung vitamin C antara lain kubis, brokoli, ubi jalar, kembang kol, dan paprika merah.  Adapun makanan yang banyak mengandung zinc antara lain tiram, kepiting, lobster, daging ayam, daging sapi, kacang-kacangan, jamur, gandum, sereal, susu, dan yogurt.

Vitamin C dan zinc juga bisa Anda dapatkan dengan mengonsumsi suplemen.  Beberapa produk suplemen multivitamin juga menawarkan khasiat vitamin C dan zinc dalam satu tablet.

Menjaga asupan vitamin dan mineral tetap seimbang merupakan salah satu cara yang baik dalam mempersiapkan tubuh untuk berpuasa sebulan penuh. Bila Anda tidak bisa mencukupi kebutuhan dari makanan dan minuman yang dikonsumsi, suplemen vitamin dan mineral tambahan bisa menjadi pilihan Anda untuk menjaga kesehatan tubuh sebelum berpuasa.

[artikel number=4 tag=”health” ]

Tips Sehat Menjalankan Ibadah Puasa

Untuk menjaga puasa anda tetap lancar dan fit ada beberapa tips yang bisa anda coba mempraktekkannya.

  • Makanlah makanan yang bergizi saat sahur dan buka puasa atau makan malam, serta lengkapi asupan nutrisi untuk menjaga daya tahan tubuh Anda. Hindari makanan cepat saji serta asupan kafein.
  • Bagi Anda yang memiliki kondisi khusus, seperti ibu hamil atau penderita diabetes, disarankan untuk berkonsultasi ke dokter sebelum memutuskan untuk berpuasa.
  • Perbanyaklah asupan cairan baik sebelum masa puasa Ramadhan ataupun selama puasa. Air putih di saat sahur dan buka puasa, serta pada malam hari bisa menjadi opsi yang bagus untuk menghindari Anda mengalami dehidrasi saat berpuasa.
  • Tak hanya asupan makanan, latihan fisik seperti berolahraga juga penting untuk menunjang kesehatan tubuh baik sebelum dan selama puasa. Namun saat puasa, sesuaikan jenis olahraga dengan kondisi Anda, olahraga ringan seperti berjalan kaki atau jogging bisa menjadi opsi yang baik.
Sumber referensi:
_____________________
klikdokter, alodokter
Silahkan Komentar

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here