Tips Cara Memulihkan Paru-paru Setelah Terserang Covid-19

0
1227
views

befren.com – kerusakan paru-paru bagi yang pernah terinfeksi virus Corona COVID-19. Kabar baiknya, sebuah penelitian menunjukkan kerusakan paru dan jantung akibat infeksi virus Corona COVID-19 bisa membaik seiring waktu. Dikutip dari South China Morning Post, Tsang mengatakan bahwa beberapa pasien mungkin mengalami pelemahan atau penurunan fungsi paru-paru hingga 30% setelah sembuh dari COVID-19.

Ia menyarankan para pasien COVID-19 menjalani fisioterapi untuk memulihkan kembali dan memperkuat fungsi paru-paru mereka. Fisioterapi tersebut dengan latihan kardiovaskular seperti berenang dan latihan lainnya.

Tsang menambahkan hasil pengamatan ini masih membutuhkan penelitian lanjutan. Yakni pasien masih perlu menjalani tes lebih lanjut untuk menilai berapa banyak fungsi paru-paru yang yang mereka pertahankan.

Latihan pernapasan

Pertama-tama, posisikan diri tidur terlentang dengan menekuk lutut sehingga telapak kaki menapak pada kasur. Letakkan tangan Anda di atas perut Anda. Tutup mulut Anda dan letakkan lidah berasa di langit-langit mulut.

Tarik napas dalam melalui hidung, dan rasakan perut Anda mengembang setiap Anda menarik napas. Buang napas perlahan melalui hidung. Ulangi napas seperti itu selama satu menit.

Setelah Anda mampu melakukan langkah di atas, coba ulangi latihan tersebut dalam beberapa posisi lainnya, yaitu tengkurap, duduk tegak, dan berdiri.

Jika Anda telah merasa nyaman melakukan empat posisi latihan pernapasan tersebut, Anda sudah bisa mulai melakukan olahraga seperti biasa, dimulai dari olahraga yang ringa terlebih dahulu.

Berjalan kaki

Cara kelima untuk menyehatkan kapasitas paru-paru setelah sembuh dari Covid-19 adalah dengan berjalan kaki. Tergantung pada kondisi paru-paru dan tingkat SPO2 kita, gabungkan jalan-jalan singkat dalam rutinitas harian.

Namun, kita bisa melakukannya di dalam ruangan, ketika kesehatan kita secara keseluruhan juga membutuhkan pemulihan. Pastikan kita memiliki banyak cairan dan mendapatkan uap selama lima menit setiap hari. Di samping itu, jangan langsung mengubah gaya hidup atau diet secara drastis tanpa berkonsultasi dengan dokter, serta perbanyak istirahat.

Itulah beragam cara untuk memulihkan kapasitas paru-paru setelah sembuh dari Covid-19. Jangan lupa tetap menjalankan protokol kesehatan, seperti menggunakan masker, mencuci tangan dengan sabun dan menjaga jarak karena pasien Covid-19 juga bisa terinfeksi virus corona lagi.

Latihan pembukaan paru-paru

Cara ketiga untuk menyehatkan kapasitas paru-paru setelah sembuh dari Covid-19 adalah melakukan latihan pembukaan paru-paru. Latihan ini bisa dilakukan dalam dua variasi.

Variasi pertama, jaga tangan tetap lurus di depan dan genggam, kemudian bawa ke atas dan tarik napas. Lalu, bawa tangan kembali sejajar dengan mata kita dan buang napas.

Sementara variasi kedua, pegang bagian belakang kepala dengan kedua tangan, sehingga kita membuat telinga gajah dengan tangan terlipat. Setelah itu, buka lengan dan tarik napas. Lalu, dekatkan kembali ke wajah kita, dan buang napas.

Hentikan latihan jika alami gejala berikut

Kondisi paru yang terkena Covid-19 bisa menurun drastis.

Perhatikan kondisi paru Anda, jangan sampai latihan yang Anda lakukan membebani paru Anda.

Segera hentikan latihan jika Anda merasa pusing, napas lebih pendek dari biasanya, nyeri pada dada, keringan dingin, lelah, dan jantung berdebar kencang. Segera beristirahat dari latihan pernapasan untuk mengurangi gejala yang Anda rasakan

Silahkan Komentar

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here