Tiba-tiba Mengeluarkan Air Mata Darah, Apakah Itu Bertanda Penyakit?

0
44
views
Mengeluarkan air mata darah

befren.com – Pernah tidak mendengar kata-kata begini ” Meskipun kau menangis mengeluarkan darah aku tidak akan memaafkanmu”, kata-kata itu pasti kalian pernah mendengarnya baik di dunia nyata maupun di sinetron. Nah sekarang kita membahas apa sih yang dimaksud dengan menangis mengeluarkan darah? apakah itu hanya sebagai ungkapan saja atau memang benar ada orang menangis mengeluarkan darah.

Jika menangis kita biasa mengeluarkan air berwarna putih, lalu apa yang terjadi jika tiba-tiba air mata berwarna putih berubah menjadi merah darah? Nah, tahukah Anda kalau ternyata menangis darah bukan hanya sebuah perumpaan  atau kata-kata saja, kondisi seperti itu memang benar adanya.

Kenali tanda dan gejalanya agar Anda dapat lebih berhati-hati. Salah satu contoh kasus yang pernah terjadi seputar gangguan kesehatan ini adalah ketika Livescience memberitakan seorang pria Italia yang mengeluarkan air mata darah. Pria 52 tahun itu memutuskan pergi ke ruang gawat darurat setelah kedua matanya mengeluarkan air mata berwarna merah. Ia pun merasa syok karena hal tersebut belum pernah terjadi padanya.

Berdasarkan kasus tersebut, The New England Journal of Medicine  memaparkan, meskipun air mata yang keluar tampak dramatis, pria tersebut tidak mengalami pendarahan pada bagian mata atau trauma di wajahnya.

Selain itu, dia juga memiliki penglihatan normal dan mampu menggerakkan kedua matanya tanpa masalah. Setelah 1 jam menetes, air mata darah tersebut kemudian berhenti secara spontan.

Hematidrosis

Meski demikian, tak semua orang yang mengeluarkan air mata darah mengalami hemolacria. Kondisi ini bisa terjadi saat seseorang mengalami hematridosis.

Orang dengan hematidrosis tidak hanya mengeluarkan darah dari mata, tapi biasanya juga bisa lewat keringat. Apabila darah keluar dari mata biasanya menandakan suatu penyakit tertentu dan harus selalu waspada.

Hematidrosis ini bisa terjadi kalau pembuluh darah yang ada di dalam tubuh pecah. Dalam hal ini, kondisinya agak sedikit berbeda dengan demam berdarah. Jika pada saat demam berdarah pembuluh darah yang pecah akan menyebabkan bintik-bintik di tubuh, pada seseorang yang mengalami hematridosis, pembuluh darah yang pecah akan keluar lewat kelenjar tubuh.

Mencegah Mata Berdarah

Mata adalah salah satu organ yang memiliki jaringan yang mudah luka, Iritasi dan muncul peradangan. Peradangan dapat menyebabkan kelainan berupa pecahnya pembuluh darah mata. Cara mencegahnya adalah:

  • Jagalah pola makan anda untuk berfokus pada standar 4 sehat lima sempurna agar terhindar dari peningkatan tekanan darah, pelonjakan gula darah, munculnya glaukoma dan masalah seputar konjungtivis. Kondisi tersebut adalah penyebab mata berdarah yang muncul akibat pecahnya pembuluh darah mata.
  • Kurangi berlama lama berada didepan layar komputer dan hindari aktivitas yang memerlukan tenaga ekstra secara berulang seperti mengangkat dan membawa benda terlalu berat. Sebaiknya gunakan troli atau gerobak kecil sebagai penggantinya untuk antisipasi agar anda terhindar dari pecahnya pembuluh mata.
  • Hindari kondisi lingkungan yang kotor dari polutan udara misalnya jalan raya, dimana tempat tersebut banyak terdapat radikal bebas seperti asap kendaraan, asap rokok dan sebagainya.
  • Mengkonsumsi makanan yang mengandung vitamin A dan C agar dapat mempertahankan kekuatan pembuluh darah mata dan melindungi jaringan mata dari cedera akibat polutan atau kelelahan atau mengkonsumsi suplemen kesehatan yang diformulasikan untuk menjaga kualitas kesehatan jaringan mata jika memang perlu.
  • Istirahat cukup yaitu 7 sampai 8 jam setiap malam dapat menyehatkan jaringan mata. Mata yang mendapat istirahat cukup dapat memberi kekuatan pada serabut halus dipembuluh darah mata dan meningkatkan daya tahan pembuluh darah mata menjadi lebih baik sehingga tidak mudah iritasi.
  • Jagalah kesehatan mata anda dengan membiasakan menggunakan obat tetes mata sebelum dan sesudah anda melakukan aktivitas rutin, namun obat tetes mata harus dari resep (anjuran ) dokter yang sebelumnya telah disesuaikan dengan kebutuhan dan kondisi mata anda secara individu.

Meski terkesan aneh, kini Anda telah mengetahui bahwa ternyata air mata darah bisa terjadi pada seseorang dan menandakan adanya penyakit tertentu. Jika Anda mengalaminya, segera periksakan diri ke dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat dan cepat.

Silahkan Komentar

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here