Tanaman Ini Dapat Membersihkan Udara di Dalam Rumah

0
218
views

befren.com – Bukan hanya lingkungan dapat mempengaruhi kesehatan, akan tetapi, udara yang bersih pada lingkungan perlu diperhatikan, terutama di rumah. Selain dengan menjaga kebersihan sudut dan perabotan rumah, mendapatkan udara yang bersih di rumah juga bisa dengan menggunakan tanaman.

Polusi udara merupakan salah satu penyebab berbagai macam penyakit mulai dari yang ringan seperti flu, asma, hingga kanker. Selain menjaga kondisi tubuh dengan mengonsumsi makanan bergizi, menjaga kebersihan lingkungan juga wajib dijaga.

Semua orang mendambakan rumah atau kamar yang nyaman sekaligus juga bisa membantu agar tidur lebih rileks dan nyenyak. Sebenarnya ada banyak cara yang bisa dilakukan, misalnya dengan menata ruangan sesuai kepribadianmu, membereskan ruangan hingga tertata rapih, memasang lilin aroma terapi saat santai dan banyak hal lainnya.

Membersihkan udara yang kotor di dalam ruangan mutlak diperlukan. Pasalnya udara ruangan yang bersih baik di rumah maupun di kantor bisa memacu semangat penghuninya untuk lebih produktif. Meletakkan tanaman dalam ruangan bisa menjadi salah satu cara yang dipilih untuk membersihkan udara dalam ruangan.

Tumbuhan penghasil oksigen

Pada dasarnya keberadaan tumbuhan memang diperlukan di dalam kehidupan manusia. Melalui proses fotosintesis, tumbuhan mengubah karbon dioksida menjadi oksigen segar dan menghilangkan racun dari udara yang kalian hirup.

Ada satu percobaan terkenal dari NASA yang diterbitkan pada tahun 1989. Mereka sedang mencari cara, bagaimana agar udara di space station (stasiun luar angkasa) dapat terdetoksifikasi. Lalu, mulailah mereka dengan meletakkan tanaman hidup yang ditanam dalam pot.

Percobaan tersebut mengungkapkan bahwa tanaman dalam ruangan ternyata memang dapat membersihkan udara dari senyawa formaldehyde dan benzene (keduanya tidak baik bila terhirup manusia). Tak berperan sendirian, mikroorganisme tanah pada tanaman pot ternyata ikut andil dalam membersihkan udara di dalam ruangan.

Kabar baiknya lagi, semakin besar dan semakin subur tanaman hidup yang dimiliki di dalam rumah, semakin baik pula kualitas udara yang dihasilkan. Bill Wolverton, mantan ilmuwan dari NASA yang melakukan penelitian tersebut mengatakan, sebenarnya tidak ada patokan pasti mengenai jumlah tanaman pot yang mesti diletakkan di dalam.

Berikut rekomendasi tanaman mudah didapat yang mungkin bisa kalian aplikasikan di rumah ya.

1. Lili

Bunga lili dapat menyaring berbagai zat polutan, seperti amonia, benzena, formalin, dan trichloroethylene. Menurut NASA, jenis lili terbaik yang dapat menyaring polutan dalam ruangan adalah peace lily, flamingo lily, dan lilyturf.

2. Lidah Mertua

Lidah mertua atau Sansevieria Trifasciata juga dikenal dengan snake plant atau tanaman ular, karena bentuknya kaku seperti pedang dan runcing di ujung. Tanaman ini juga mampu menyerap berbagai jenis polutan dari udara, seperti karbonmonoksida, nikotin, benzene, formaldehyde, trichloroethylene, dan dioksin.

3. Lidah buaya

Lidah buaya dapat menyerap benzena, formalin, dan sejumlah bahan kimia lain yang bisa mengontaminasi udara. Tanaman ini juga berperan sebagai peninjau kadar polusi. Semakin tinggi kadar polutan dalam ruangan, daun-daun lidah buaya akan memunculkan bintik-bintik cokelat di permukaannya.

Memelihara tanaman dalam ruangan juga memiliki manfaat selain membersihkan udara, yakni menghilangkan stres dengan menenangkan sistem saraf simpatik. Alhasil, suasana hati akan jauh lebih baik. Meski begitu, hati-hati bila ada anggota keluarga yang memiliki alergi pada tanaman berbunga di dalam pot.

Silahkan Komentar

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here