Sudah Tahu Bedanya Keputihan Normal dan Tidak Normal

0
461
views
Keputihan normal dan tidak normal

S

etiap kaum wanita pasti pernah mengalami yang namanya keputihan. Keputihan sendiri  pada dasarnya dapat digolongkan menjadi dua golongan yaitu keputihan normal (fisiologis) dan keputihan abnormal (patologis) wujud dari keputihan ialah cairan berwarna putih atau bening yang keluar dari vagina, dan merupakan pengaruh hormonal.

Keputihan yang normal pada umumnya berwarna putih susu atau jernih dan tidak berbau. Kadar cairan akan meningkat pada masa tertentu seperti saat menyusui, saat berhubungan, dan pada saat atau sekitar masa menstruasi.

Yang perlu diwaspadai adalah jika keputihan yang dialami tidak normal atau berlebih, mengingat kondisi tersebut bisa jadi menjadi indikasi penyakit serius sehingga perlu mendapatkan penanganan dan pengobatan yang serius pula

Ciri-ciri keputihan normal

Berikut adalah ciri-ciri keputihan secara normal yang harus Anda ketahui :

  • Tidak bau

Keputihan yang normal adalah tidak menimbulkan bau yang busuk atau bau yang menyengat. Dalam mengalami keputihan ini, harus selalu diperhatikan, apakah keputihan tersebut bersifat normal atau tidak. karena bagi yang mengalami keputihan tidak normal bisa berbahaya dan bisa menimbulkan resiko, seperti datangnya penyakit kanker serviks. Dan itulah ciri ciri keputihan normal pada wanita ini, jika terjadi. Jangan pernah menganggap remeh tentang penyakit keputihan ini.

  • Tidak lengket

Ciri ciri keputihan normal pada wanita adalah tidak lengket, sedangkan yang tidak normal menimbulkan kelengketan bila dipegang. Perlu diwaspadai penyakit keputihan ini, agar tidak mudah mengalami penyakit keputihan ini. yang jenis ciri ciri salah satu faktor pemicu terjadinya penyakit keputihan ini datang dan muncul. maka dari itu, kalian harus bisa menjaga kondisi kebersihan organ intim dengan baik yang disertai dengan olahraga yang teratur. Supaya penyakit keputihan ini tidak mudah dialami oleh para wanita.

  • Tidak berwarna hijau, coklat, dan kuning

Penyakit keputihan memiliki cairan yang putih dan itulah yang dimasukkan kedalam kategori ciri ciri keputihan normal pada wanita yang akan terjadi nantinya. Dan jika mengalami warna coklat, kuning, dan hijau itu termasuk dari keputihan yang tidak normal. Makannya kalian harus lebih berhati hati lagi dalam masalah ini, karena bisa menyebabkan penyakit keputihan muncul. karena penyakit keputihan ini, termasuk penyakit yang bisa berbahaya apabila tidak diatasi atau ditangan dengan tindakan yang cepat.

  • Tidak berair

Pada umumnya ciri ciri keputihan normal pada wanita itu, memiliki keputihan yang tidak berair. Dan jika terdapat yang berair itu, berarti merupakan dari keputihan yang tidak normal. Keputihan ini bisa disebabkan oleh datangnya siklus menstruasi wanita. dan masih banyak lagi. Oleh karena itu, kalian juga bisa menjalankan kegiatan nya juga seperti melakukan olahraga.

  • Tidak terdapat daging yang menggumpal

Wanita yang mengalami keputihan yang terdapat daging disertai dengan gumpalan merupakan gejala keputihan yang tidak normal. Sedangkan ciri ciri keputihan normal pada wanita ini kebalikannya dari yang abnormal. Dalam mengatasi penyakit keputihan ini bisa dengan menggunakan obat keputihan yang berbahan dasar herbal atau tradisional. yang bahan bahan ini, sangat mudah untuk ditemukan dan memiliki harga yang murah dan tidak mengandung resiko apapun.

  • Dan tidak berlebihan

Jika mengeluarkan cairan yang putih dari organ intim terlalu banyak itu merupakan tanda dari keputihan yang tidak normal, sedangkan ciri ciri keputihan normal pada wanita adalah tidak mengeluarkan yang sangat banyak. Apabila mengeluarkan cairan yang banyak akan mengalami vagina gatal dan vagina yang bau tidak sedap.

[artikel number=5 tag=”health” ]

Ciri-ciri Keputihan tidak normal

Keputihan tidak normal terjadi akibat adanya infeksi bakteri, jamur atau parasit. Pada keputihan jenis ini, penderita akan mengalami keluhan berupa:

  • Keputihan berwarna putih, abu-abu atau kuning yang disertai bau amis, gatal, perih, kemerahan dan pembengkakan pada mrs.v atau vulva. Keputihan seperti ini biasanya disebabkan oleh infeksi ringan oleh bakteri patogen.
  • Keputihan berwarna putih kental disertai rasa gatal, bengkak dan nyeri disekitar mrs.v utamanya pada saat berhubungan intim. Keputihan jenis ini disebabkan oleh adanya infeksi jamur di organ kewanitaan.
  • Keputihan berwarna merah muda, penyebabnya adalah penumpahan lapisan rahim setelah melahirkan (lokia).
  • Keputihan berwarna kuning atau kering disertai nyeri panggul, pendarahan di luar siklus haid, dan keluarnya urine tanpa disadari. Penyebabnya adalah penyakit menular seksual.
  • Keputihan berwarna kuning atau kehijauan, berbusa, dan berbau tidak sedap disertai gatal pada mrs.v dan nyeri saat buang air kecil. Penyebabnya adalah infeksi mikroorganisme Trichomonas vaginalis yang dalam istilah medis disebut dengan Trikomoniasis.
  • Keputihan berwarna cokelat atau merah disertai nyeri panggul dan perdarahan pada mrs.v merupakan ciri ciri keputihan berbahaya karena penyebabnya adalah kanker serviks dan kanker endometrium.

Itulah perbedaan signifikan antara keputihan normal dan tidak normal. Jika saat ini Anda sedang mengalaminya, cari tahu gejala apa saja yang timbul. Jika yang ditemukan adalah gejala keputihan tidak normal, sebaiknya Anda segera berkonsultasi dengan dokter secara langsung.Sehingga keluhan yang Anda rasakan bisa tertangani

Silahkan Komentar

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here