Sejarah dan Manfaat Bermain Hula Hoop

0
85
views

befren.com – Bermain hulahoop termasuk ke dalam jenis olahraga ringan. Melakukan olahraga ini dinilai sama intensitasnya dengan olahraga aerobik tertentu, seperti menari salsa atau tari perut.

Asal-usul nama hula hoop

Sebutan awal untuk hula hoop adalah hooping. Saat para pelaut Inggris berkelana ke Hawai, mereka melihat tarian Hula dengan gerakan yang mirip pada saat hooping. Nah, dari situlah orang-orang menyebut permainan tersebut dengan istilah hula hoop. Baru pada tahun 1950-an, nama hula hoop dipatenkan dan dipasarkan besar-besaran sebagai oleh Whom-O.

1. Mengontrol Kadar Kolesterol

Latihan hula hoop termasuk dalam jenis aerobik yang dapat menurunkan kadar kolesterol jahat yang tinggi (kolesterol LDL). Berdasarkan sebuah studi pada tahun 2019, sekelompok orang yang melakukan latihan hula hoop selama 6 minggu mengalami penurunan kadar kolesterol LDL yang signifikan.

2. Bagus untuk Kesehatan Kardiovaskular

Latihan kardiovaskular adalah jenis olahraga yang fokus untuk melatih jantung dan paru-paru. Contoh latihan kardiovaskular yang paling umum adalah bersepeda, lompat tali, lari, jogging, atau aerobik. Anda juga bisa bermain hula hoop sebagai alternatif latihan kardiovaskular.

3. Membakar Kalori

Bermain hula hoop sebanding dengan pembakaran kalori dengan latihan aerobik seperti dansa, salsa, atau belly dancing? Berdasarkan laporan, bermain hula hoop selama 30 menit dapat membakar kalori sebanyak 165 kalori pada wanita dan sekitar 200 kalori bagi pria. Nah, bila Anda sedang dalam program menurunkan berat badan, latihan hula hoop bisa menjadi salah satu opsi untuk cara membakar kalori yang mudah.

4. Membakar Lemak Tubuh

Menggunakan weighted hula hoop secara rutin bisa membantu membakar lemak tubuh. Weighted hula hoop adalah jenis hula hoop yang lebih berat dan lebih besar. Bermain Hula Hoop secara tertatur juga menghilangkan lemak pinggul dan perut.

3. Menjaga postur tubuh

Selain melatih keseimbangan tubuh, gerakan memutar tersebut juga efektif untuk memperbaiki postur tubuh Anda, terutama membentuk area perut dan pinggul. Selain itu, hula hoop yang berat dapat mengencangkan otot seluruh tubuh.

Itulah beberapa manfaat bermain hula hoop secara teratur. Bermain hula hoop dapat menjadi alternatif hiburan yang menyenangkan untuk Anda apalagi jika dilakukan bersama-sama dengan kawan atau keluarga. Anda juga bisa melakukannya sambil mendengarkan lagu up beat kesukaan Anda.

Silahkan Komentar

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here