Pernahkah Anda Menguap Meski Tidak Mengantuk?

0
287
views
Ilustrasi wanita menguap di depan laptop

befren.com – Pasti kalian mengalami yang namanya menguap. Menguap memang merupakan proses yang alamiah. Tapi, meski menguap adalah hal yang normal, kalau terlalu sering menguap bisa menjadi suatu tanda yang buruk. Jika Anda sering mengalami hal ini, bisa saja ini tanda ada masalah yang tersembunyi.

Perlu Anda ketahui, beberapa ahli mengatakan bahwa menguap adalah proses untuk mendinginkan otak. Ini karena menguap memungkinkan terjadinya peregangan rahang, sehingga aliran darah ke area wajah, leher, dan kepala ikut meningkat. Kemudian, pengambilan napas panjang dan dalam saat menguap membuat udara dingin masuk ke dalam rongga sinus dan otak, untuk menggantikan udara panas yang berada di dalam organ tersebut.

Menguap apakah penyakit?

Penyebab pasti dari menguap belum diketahui sampai saat ini. Meski demikian, terdapat beberapa penyakit yang menjadikan menguap sebagai gejala utamanya. Penyakit apa saja yang dimaksud?

Serangan jantung

Keadaan ini terjadi saat jantung tidak mendapatkan aliran darah yang mengandung oksigen untuk memompa darah. Gejala yang sering terjadi pada serangan jantung adalah nyeri dada bagian kiri, keringat berlebihan, mual, serta kelelahan. Saat lelah, penderita menjadi lebih sering menguap.

Disfungsi otak

Beberapa studi mengatakan bahwa tumor otak bisa mengakibatkan menguap berlebihan dan bisa berkaitan dengan lesi pada batang otak. Menguap juga bisa diakibatkan tekanan pada kelenjar pituitari

Stroke

Stroke adalah penyakit yang disebabkan rusaknya jaringan otak akibat pembuluh darah pada otak tersumbat plak, yang kemudian menyebabkan aliran darah yang membawa oksigen serta makanan tidak sampai ke otak. Sel dan jaringan otak pun rusak dan menimbulkan penyakit stroke. Sebuah jurnal, yaitu Journal of Neurology, Neurosurgery, and Psychiatry menyebutkan bahwa penderita stroke juga akan sering menguap. Hal ini disebabkan karena luka yang terjadi pada otak menyebabkan iritasi pada sistem saraf yang kemudian meningkatkan suhu pada otak. Lalu akan muncul gerakan menguap sebagai respon untuk mendinginkan otak.

Sebuah penelitian pada pasien stroke menemukan bahwa pasien stroke menguap setidaknya lebih dari 3 kali dalam 15 menit.

Multiple sclerosis

Multiple sclerosis merupakan suatu kondisi ketika sistem kekebalan tubuh mengeluarkan reaksi abnormal dan menyerang sistem saraf pusat, terutama otak dan saraf tulang. Penyakit ini sering menyebabkan kelelahan yang berlebih, sehingga penderita sering terlihat sering menguap.

Epilepsi

Epilepsi terjadi ketika seseorang mengalami kejang secara berulang. Saat mengalami kejang, asupan oksigen ke otak mengalami hambatan karena adanya perubahan aktivitas listrik otak. Kondisi ini membuat penderita epilepsi lebih sering menguap.

Jadi, apakah Anda merasa sering menguap meski sebenarnya sedang tak mengantuk? Bila ya, tak ada salahnya untuk segera periksa ke dokter. Tindakan ini bertujuan untuk mencari tahu penyebab pasti dari keluhan menguap yang Anda alami.

Silahkan Komentar

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here