Penyebab Sakit Kepala Sebelah dan Cara Mengatasinya

0
88
views

befren.com – Pernahkan Anda mengalami sakit kepala sebelah? jika pernah, dan belum tahu cara mengatasi masalah tersebut, Anda adalah pembaca yang tepat di artike ini, karena befren akan membagikan tips kesehatan tentang bagaimana mengatasi sakit kepala sebelah Anda.Migrain umum ditandai dengan serangan sakit kepala yang intens, melemahkan, dan berulang. Rasa sakitnya sering digambarkan sebagai debaran, dentuman,denyutan yang terjadi di satu sisi kepala Anda. Beberapa orang menggambarkan rasa sakit yang ekstrem seperti kepala dihantam benda keras.

Migrain adalah penyakit ketiga yang paling banyak dialami oleh populasi di dunia sesudah karies gigi dan sakit kepala tegang.

Penyebab sakit kepala sebelah/Migrain

Anda sudah mengetahui cara mengatasi sakit kepala sebelah tanpa obat, Anda tentunya ingin mengetahui apa penyebab dari sakit kepala sebelah yang dialami, beberapa hal dapat menjadi pemicu dari sakit kepala sebelah atau migrain yang diatasi, seperti:

  • Faktor lingkungan sekitar, contohnya bau yang tajam, asap rokok, cahaya yang terlalu terang, dan sebagainya
  • Perubahan hormon karena menstruasi
  • Konsumsi makanan atau minuman tertentu, seperti alkohol, dan sebagainya
  • Obat-obatan tertentu, seperti obat tidur, dan sebagainya
  • Kurang tidur atau kelelahan
  • Tekanan darah rendah

Cara Mengatasi sakit kepala sebelah

1. Tidur cukup

Salah satu cara untuk mencegah migren adalah menjalani jadwal tidur yang baik dan tepat. Biasakan tidur dan bangun di jam yang sama setiap hari dengan durasi tidur sekitar tujuh sampai delapan jam per hari.

Jangan kekurangan atau kelebihan tidur. Kekurangan atau kelebihan tidur dapat menyebabkan sakit kepala berdenyut dan menurunkan ambang nyeri.

2 Minum air

Dehidrasi atau kurang minum air mampu memicu sakit kepala sebelah, karenanya meminum air sepanjang air bisa mengganti cairan tubuh yang hilang dan mencegah dehidrasi.

3. Kafein

Satu cangkir kopi atau minuman berkafein lain dapat meringankan gejala migren. Namun pastikan untuk tidak mengonsumsi kafein terlalu banyak dan menjadi ketergantungan akan kafein. Terlalu banyak konsumsi kafein dapat menyebabkan kelelahan dan sakit kepala jika suatu saat tak lagi meminum kafein.

4. Jahe

Jahe yang telah lama dipercaya menangkal masuk angin di Indonesia merupakan salah satu alternatif alami untuk mengatasi migrain. Hal ini didapati dalam hasil penelitian di tahun 2014 yang menemukan bahwa jahe bisa menangani sakit kepala sebelah.

Salah satu cara menggunakan jahe untuk mengobati sakit kepala sebelah adalah dengan teh jahe. Anda dapat mencincang atau memotong seutas jahe sebelum dimasukkan ke dalam empat cangkir air mendidih.

Diamkan jahe selama 5-10 menit sebelum dikonsumsi. Bila rasa jahe terlalu kuat, Anda bisa menambahkan madu, gula, ataupun jus lemon.

Silahkan Komentar

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here