Penyebab dan Cara Mengatasi Perut Buncit

0
172
views
Lemak di perut

befren.com – kebiasaan makan yang buruk, dan gaya hidup yang tidak tepat adalah penyebab utama lemak perut menjadi buncit. Satu-satunya cara untuk menguranginya dengan cara sehat adalah melalui olahraga, pola makan sehat, serta dapat melakukan perubahan gaya hidup.

Penyebab Perut Menjadi Buncit

Ada beberapa alasan kenapa berat badan di daerah perut bagian atas bertambah. Penyebab paling umum adalah:

  • Kebiasaan makan yang tidak sehat
  • Gaya hidup yang tidak banyak bergerak tanpa latihan fisik
  • Kurang tidur
  • Mempunyai gaya hidup penuh tekanan yang tinggi baik secara fisik maupun mental
  • Usia lanjut dengan laju metabolisme lambat

Hal yang dapat Anda lakukan untuk mencegah perut buncit.

Ubah Gaya Hidup Anda

Dalam hal mengurangi lemak perut bagian atas dan mengatur berat badan Anda, beberapa perubahan gaya hidup bisa sangat membantu. Berikut beberapa perubahan yang dapat Anda lakukan:

a. Hilangkan Stres

Stres menyebabkan keinginan untuk makan garam dan gula. Sebuah studi pada tikus membuktikan bahwa makanan berlemak (lemak babi) mengurangi stres dengan mengatur respons hipotalamus-hipofisis-adrenal (4). Ini menjelaskan kenapa kita mengidam saat stres dan kenaikan berat badan yang ditimbulkannya.

Mempelajari cara mengatasi kecemasan dan stres dapat menghentikan pemicu ini dan membantu Anda mempertahankan gaya hidup sehat. Makan makanan yang kaya triptofan seperti ayam, kacang kedelai, kacang-kacangan, pisang. Triptofan adalah prekursor serotonin (hormon perasaan senang). Dengan demikian, makan makanan kaya triptofan dapat membantu meningkatkan mood Anda.

Anda juga dapat mempraktikkan latihan pernapasan dalam, bermeditasi, dan berjalan kaki selama 30 menit setiap hari untuk mengurangi stres.

b. Tidur Paling Sedikit 7 Jam Dalam Sehari

Tidur nyenyak merupakan modulator penting dari metabolisme dan fungsi neuroendokrin. Tidur yang tidak cukup telah dikaitkan dengan peningkatan rasa lapar, nafsu makan, dan keinginan untuk makanan padat kalori dan tinggi karbohidrat. Oleh karena itu, usahakan untuk tidur setidaknya 7 jam sehari.

Makanlah Makanan yang Sehat

Diet juga merupakan faktor utama yang dapat membantu Anda kembali bugar. Pola makan yang tepat dapat membantu Anda tetap langsing dan sehat. Makanlah dengan sering, tetapi konsumsi makanan dalam porsi kecil daripada makan dalam porsi besar dan membebani sistem pencernaan Anda.

Sebuah studi yang dilakukan di Medical University Vienna pada 20 wanita obesitas membuktikan bahwa mengikuti diet defisit kalori bersama dengan latihan aerobik dapat mengurangi lemak tubuh.

  • Hindari makanan berminyak dan cepat saji seperti keripik, gorengan, kue, dan permen.
  • Gantilah dengan salad yang terbuat dari buah dan sayuran segar.
  • Kurangi asupan garam.
  • Air putih adalah minuman terbaik. Alih-alih minum soda atau minuman berenergi, minumlah air putih. Air membersihkan tubuh Anda dan membuang semua racun, membuat Anda tetap langsing dan terhidrasi.
  • Gantilah biji-bijian dengan biji utuh setidaknya 1-2 kali sehari.
  • Sertakan lemak sehat dalam makanan Anda, seperti kacang-kacangan, biji-bijian, dan mentega murni.
  • Konsumsi banyak makanan kaya serat dan konsumsi 1-2 porsi buah-buahan setiap hari.
  • Gantilah makanan berkalori tinggi dengan makanan rendah kalori dan kaya nutrisi yang sehat dan memberi energi pada tubuh Anda

Olahraga Menurunkan Lemak Tubuh Bagian Atas

1. Side Plank

Posisinya hampir sama seperti plank, namun menyamping dan hanya tangan kiri/kanan yang menumpu berat badan tubuh secara bergantian. Tahan posisi selama mungkin, mulai dari 20 detik hingga 60 detik, kemudian pindah ke sisi lainnya. Lakukan berulang kali.

2. Leg Drop

Senam mengecilkan perut yang satu ini cukup mudah. Berbaringlah di lantai/matras lalu angkat kaki hingga sejajar dengan pinggul 90 derajat. Kemudian, secara perlahan turunkan kedua kaki secara perlahan namun jangan sampai menyentuh lantai. Tahan posisi ini beberapa saat kemudian kembalikan kaki ke posisi semula. Lakukan sebanyak 10 kali.

3. Seated Leg U’s

Untuk melakukan gerakan ini, awalnya duduk di lantai/matras lalu tekuk kedua lutut. Letakkan kedua tangan di belakang pinggul Anda, dan sandarkan badan sedikit ke belakang untuk mengangkat kedua kaki dari lantai. Selanjutnya, luruskan kaki tanpa mengubah posisi bagian atas tubuh. Kembalikan kaki ke posisi semula, dan ulang gerakan ini sebanyak 20 kali.

4. Mountain Climber

Awali dengan posisi push-up, kedua telapak tangan menghadap lantai sejajar dengan bahu dan luruskan kaki dan tubuh. Tekuk kaki kanan ke arah dada, lalu kembalikan posisi semula. Lakukan bergantian dengan kaki kiri. Ulangi gerakan ini sebanyak 20 kali.

5.Torso Twist

Berdiri di lantai, posisikan kaki selebar pinggul. Angkat kedua tangan di sisi tubuh (sejajar bahu), lalu tekuk sikut agar kepalan tangan tepat berada di samping telinga. Selanjutnya, angkat lutut kiri mengarah ke siku kanan sambil memutar torso. Ulangi gerakan dengan lutut kanan. Lakukan gerakan ini sebanyak 15-20 kali.

6. Sit up

Senam mengecilkan perut yang satu ini bermanfaat untuk otot perut bagian atas. Baringkan tubuh di lantai/matras, tekuk lutut. Taruh kedua tangan di kepala, belakang telinga untuk membantu gerakan. Tarik bahu menjauh dari lantai menggunakan otot perut, sambil bernapas secara teratur. Lakukan sit up 15-25 kali setiap hari untuk mengencangkan otot-otot perut.

7. Crunch and Twist

Gerakan yang satu ini selain membantu mengecilkan perut juga mengencangkan otot-otot panggul. Gerakannya hampir sama dengan sit up, namun saat mengangkat tubuh keatas, putar pinggang ke kiri dan kanan secara bergantian. Lakukan gerakan 10-15 kali.

8. Pike and Extend

Senam mengecilkan perut yang satu ini dilakukan dengan cara berbaring di lantai/matras, lalu angkat kedua kaki hingga sejajar dengan pinggul, dan kedua tangan menarik tubuh ke arah kaki. Lalu turunkan tangan keatas kepala, sambil menurunkan salah satu kaki. Lakukan bergantian sebanyak 20 kali.

9. Plank

Plank merupakan salah satu senam mengecilkan perut yang paling efektif, karena langsung menargetkan otot-otot di sekitar perut. Plank juga sangat baik untuk punggung dan memperbaiki postur tubuh. Awali dengan menempatkan siku Anda di lantai, tepat sejajar dengan bahu. Telapak tangan posisikan rata dengan lantai. Tumpu bagian bawah tubuh dengan ujung kaki, dan pastikan bentuk tubuh lurus dari ujung kaki hingga kepala. Tahan posisi ini selama 20 detik, kemudian tambah menjadi 60 detik. Ulangi 2-3 kali.

10. Hip Lifts

Berbaringlah di lantai seperti posisi Pike and Extend. Kali ini, angkat pinggul menggunakan otot perut, tahan lalu kembalikan ke posisi semula. Ulangi sebanyak 15 kali.

Silahkan Komentar

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here