Mengatasi Kulit Kering dan Besisik Secara Alami

0
137
views

Befren.com – Setiap orang memang memiliki jenis kulit yang berbeda, tapi kulit yang sehat umumnya akan tampak segar, lembap, elastis, serta bebas dari rasa gatal, terkelupas, atau perih. Untuk mendapatkan kulit yang sehat bukanlah hal yang mudah. Sering kali ada masa di mana kulit menjadi bermasalah. Salah satu hal yang umum terjadi adalah kulit kering.

Yang terpenting, Anda melakukannya secara teratur dan sesuai. Seperti Anda tahu, kulit memiliki fungsi penting bagi tubuh. Misalnya, membantu menjaga kestabilan suhu tubuh, melindungi tubuh dari berbagai macam kuman dan menjaga keseimbangan cairan tubuh. Itulah sebabnya, penting bagi Anda untuk mengetahui cara merawat kulit kering serta menjaga kesehatan kulit.

Berbagai penyebab kulit wajah kering

  • Kondisi kesehatan tertentu

Kulit kering bisa menjadi tanda tubuh tengah mengalami perubahan atau mengalami penyakit tertentu. Misalnya, perubahan hormon pada wanita paruh baya menjelang menopause. Selain itu, beberapa kondisi seperti diabetes, gangguan tiroid, dan kurang gizi juga dapat menyebabkan kulit kering.

  • Udara kering

Ini merupakan salah satu penyebab utama yang dapat menghilangkan kelembapan kulit. Selain itu, pendingin udara juga dapat memiliki pengaruh yang sama terhadap kulit. Karena itu, jangan lupa untuk menggunakan pelembap kulit.

  • Paparan sinar matahari

Manfaat sinar matahari memang sangat baik bagi tubuh, terutama sinar matahari pagi. Namun, sinar matahari juga merupakan salah satu penyebab kulit kering. Minimalkan efeknya dengan menggunakan tabir surya ataupun topi lebar yang melindungi wajah.

  • Penggunaan obat-obatan

Beberapa jenis obat memiliki efek mengeringkan kulit, seperti obat untuk tekanan darah tinggi, obat penurun kolesterol, antialergi, dan obat jerawat.

  • Salah menggunakan pelembap wajah

Salah satu kesalahan yang paling sering dilakukan adalah menggunakan pelembap saat kulit kering. Padahal produk itu bermanfaat maksimal, yaitu ketika digunakan saat kulit dalam keadaan lembap atau sesaat setelah mandi.

  • Mandi dengan air panas terlalu lama

Hal ini dapat menghilangkan minyak alami yang melindungi kulit. Lebih baik pilih air hangat dan keringkan kulit dengan cara menepuk dengan handuk secara pelan-pelan, jangan menggosok berlebihan.

  • Sabun yang terlalu banyak

Sebagaimana air panas, sabun juga dapat menghilangkan minyak alami kulit. Apalagi jika digunakan terlalu banyak. Hindari penggunaan sabun yang mengandung pewangi tambahan.

Mengatasi kulit kering secara alami

  • Minyak kelapa

Mengandung asam lemak jenuh, minyak kelapa dipercaya mampu melembapkan kulit secara cepat. Selain itu cara pengaplikasiannya pun cenderung mudah dan praktis. Cukup siapkan minyak kelapa dan tuangkan ditelapak tangan. Kemudian usapkan ke seluruh permukaan wajah dan kulit yang memerlukan kelembaban. Biarkan meresap kedalam kulit.

  • Susu

Kandungan antiperadangan yang ada pada susu, membuatnya cocok untuk mengatasi kulit kering. Susu juga dipercaya bisa mencerahkan dan menghaluskan kulit. Cara mengaplikasikannya:
– siapkan susu murni yang dingin dan kain lap bersih
– celupkan kain lap pada susu
– usapkan dan tepuk-tepuk pada kulit
– lakukan setidaknya 5-7 menit
– celupkan kain lap dengan air hangat
– usapkan pada permukaan kulit hingg bersih

  • Lidah buaya

Bahan alami yang bisa digunakan untuk melembabkan kulit adalah lidah buaya. Cara mengaplikasikannya:
– potong lidah buaya menjadi dua bagian
– ambil bagian tengah lidah buaya
– haluskan terlebih dahulu menggunakan blender
– oleskan pada seluruh permukaan wajah atau kulit yang memerlukan kelembaban
– atau bisa juga potongan lidah buaya tadi langsung diusapkan ke kulit
– lakukan dengan pelan dan hati-hati
– diamkan sekitar 10-15 menit
– bersihkan dengan air hangat
– kemudian bilas kembali dengan air dingin untuk mengunci pori

  • Minyak zaitun

Minyak zaitun dipercaya ampuh bisa melembabkan kulitmu yang kering lho. Selain itu, minyak zaitun juga berkhasiat untuk mencerahkan kulit dan mengangkat sel kulit mati. Caranya gunakan minyak zaitun secara rutin setidaknya dua kali sehari. Atau aplikasikan juga setiap kali selesai mandi agar kulitmu senantiasa terjaga kelembabannya.

Silahkan Komentar

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here