Mengatasi Asam Urat Bengkak dengan Terapi Kompres

0
117
views

befren.com – Asam urat adalah jenis penyakit yang diakibatkan oleh penumpukan purin di daerah persendian. Sejumlah gejala seperti rasa nyeri sampai bengkak di persendian, sering kali dirasakan oleh para pengidapnya. Tentu saja ini akan membuat aktivitas menjadi tidak nyaman dan orang tua sering merasa lebih menderita.

Penyebab kambuhnya asam urat sangat beragam, di antaranya pola makan yang buruk dan kebiasaan mengonsumsi alkohol. Adapun makanan yang bisa membuat kambuh asam urat adalah:

1. Kacang-kacangan

Kacang-kacangan juga masuk daftar produk nabati yang tinggi purin dan harus dihindari penderita asam urat.

Kacang polong berada di peringat atas untuk kandungan purin tertinggi, yakni 5-100mg purin per 3,5 ons.

2. Bayam

Bayam adalah sayuran berdaun hijau yang tinggi zat besi, vitamin C, luteins, beta-karoten dan flavonoid.
Sayangnya bagi orang yang menderita gout atau asam urat, bayam merupakan salah satu sayuran yang harus dihindari karena kandungan purin tinggi.

Menurut tabel makan, bayam memiliki 57g purin untuk setiap 100g bayam.

3. Asparagus

Asparagus juga merupakan salag satu sayur yang sebaiknya dihindari untuk penderita asam urat karena kandungan purinnya tinggi. Kandungan purin 23g per 100g asparagus.

4. Jamur

Jamur juga mengandung cukup tinggi purin dalam setiap porsi. Hal ini membuatnya menjadi pengganti daging yang buruk bagi mereka yang mencoba mengikuti diet asam urat.

Terapi Kompres untuk Atasi Bengkak Asam Urat

Kompres merupakan salah satu terapi tanpa obat yang kerap disarankan oleh dokter bagi pengidap nyeri sendi.

Anda dapat menggunakan kompres dingin untuk meredakan bengkak pada asam urat. Kompres dingin biasa digunakan dalam 24 hingga 48 jam setelah terjadinya bengkak. Tujuannya adalah untuk meminimalkan terjadinya peradangan. Hal ini disebabkan karena suhu yang rendah dapat merangsang penyempitan darah dan memperlambat aliran darah pada lokasi cedera.

Gunakan es pada persendian Anda untuk mengurangi rasa sakit dan bengkak. Anda bisa mengaplikasikannya sekitar 15 hingga 20 menit selama Anda membutuhkannya.

Anda juga dapat mencoba kompres hangat diikuti oleh kompres dingin. Cara membuat kompres hangat mudah saja: basahi handuk kecil dengan air panas, dan letakkan di dalam kantong plastik untuk mencegah luka bakar. Pakailah kompres hangat selama 3 menit, lalu dinginkan selama 30 detik. Ulangi ini setiap jam untuk meredakan bengkak.

Silahkan Komentar

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here