Mengapa Saat Sikat Gigi Selalu Berdarah

0
85
views

befren.com – Mungkin Anda pernah mengalami saat sikat gigi selalu berdarah, hal ini jangan pernah dianggap remeh karena dapat memicu masalah yang serius. Jika dibiarkan berlarut-larut dapat mengakibatkan radang gusi dan hal ini berpotensi berkembang menjadi masalah gigi serius yang biasa disebut periodontitis dan berujung pada gigi tanggal. Jika Anda menyikat gigi dan mengalami sedikit darah, itu tandanya peradangan yang dialami masih dalam tahap ringan.

Perlu Anda ketahui bahwa penyebab paling umum radang gusi sebetulnya disebabkan dari buruknya kondisi kebersihan mulut. 

Nah, itulah mengapa penting sekali untuk mengecek kondisi kesehatan mulut secara rutin pada dokter gigi.

Berikut befren akan mengulas tentang penyebab dan mengatasi gusi berdarah secara lengkap. 

Penyebab Gusi berdarah saat sikat gigi

  • Karang gigi

Salah satu pemicu gigi berdarah adalah adanya banyak bakteri pada karang gigi yang menumpuk. Dan bakteri tersebut, kemudian akan menimbulkan terjadinya radang gusi. Gusi yang mengalami peradangan akan membengkak, terlihat kemerahan, dan mudah berdarah.

  • Kesalahan dalam menyikat gigi

Menggunakan bulu sikat yang keras, juga bisa memicu gusi terluka hingga berdarah. Cara menyikat gigi yang benar adalah dari arah gusi ke gigi, bukan dari kiri ke kanan atau sebaliknya. 

  • Gangguan pembekuan darah

Gusi berdarah juga dapat disebabkan karena Anda mengalami gangguan pembekuan darah. Leukimia, misalnya.

Trombosit darah berperan penting dalam pembekuan darah. Namun, bila Anda mengalami leukimia, kadar trombosit dalam darah Anda terlalu rendah. Hal ini menyebabkan tubuh kesulitan untuk mengontrol perdarahan, termasuk perdarahan yang terjadi di gusi Anda.

  • Penggunaan kawat gigi dan gigi tiruan

Kedua prosedur tersebut juga dapat memengaruhi kebersihan rongga mulut dan mengiritasi gusi. Akibatnya risiko Anda terkena gingivitis pun meningkat. Begitu pula dengan tambalan yang kasar serta susunan gigi yang tidak beraturan juga berpeluang memicu gingivitis.

Gusi Berdarah kurang vitamin apa?

Jika gusi mengeluarkan cukup banyak darah, maka bisa saja hal ini disebabkan oleh kurangnya kadar vitamin K di tubuh. Vitamin ini berfungsi dalam proses penggumpalan darah dan menghentikan perdarahan.Sehingga, apabila kadarnya kurang, maka Anda bisa mengalami gangguan yang berkaitan dengan perdarahan, seperti gusi berdarah.

Selanjutnya adalah kekurangan vitamin C. Vitamin C dapat membantu jaringan di tubuh untuk berkembang dan memperbaiki diri ketika terjadi kerusakan. Vitamin ini juga dapat membantu proses penyembuhan luka, dan menguatkan tulang serta gigi.Saat tubuh kekurangan vitamin C, maka dampaknya juga akan terasa ke rongga mulut. Selain membuat gusi menjadi bengkak, kekurangan vitamin ini juga menimbulkan gusi berdarah.

Gusi berdarah saat hamil

Perubahan hormon yang menyebabkan bakteri di rongga mulut menjadi lebih mudah berkembang biak.Karena perubahan ini, ibu hamil dengan kondisi rongga mulut yang baik pun tetap bisa mengalami radang gusi. Sementara itu, ibu hamil dengan kondisi rongga mulut yang kurang baik, lebih berisiko mengalami periodontitis

Bagaimana cara mengobati gusi berdarah?

Pembersihan plak dan perbaikan kebersihan mulut adalah kunci utama dalam mengatasi gingivitis. Pada gingivitis dengan kondisi yang sangat parah, biasanya dibutuhkan bantuan antibiotik. Namun tentu saja hal ini memerlukan resep dari dokter gigi.

Tindakan scaling menggunakan alat khusus diperlukan untuk membuang deposit/ tumpukan karang pada gigi yang menyebabkan terjadinya gingivitis. Dokter gigi juga akan memberikan pengarahan mengenai cara menyikat gigi yang benar serta membersihkan sela-sela gigi secara benar.

Gejala-gejala gingivitis akan berkurang dan hilang dalam waktu satu sampai dua minggu setelah perawatan oleh dokter gigi. Pemberian obat kumur antibakteri akan dilakukan sesuai dengan kondisi Anda. Obat kumur ini bisa membantu dalam penyembuhan.

Silahkan Komentar

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here