Mengapa Anak Terlambat Berjalan?

0
116
views

befren.com – Orang tua pasti mendambakan anaknya tumbuh kembang dengan sehat dan ceria. Setiap anak juga akan melewati fase mulai tumbuh gigi, merangkak, berjalan, hingga mengucapkan kata pertamanya. Ketika ada masalah gangguan tumbuh kembang, orang tua harus bisa secara dini mengenali tandanya.

Berbagai fungsi unit tumbuh kembang untuk mengatasi gangguan tumbuh kembang pada anak. Berbagai alat dan mainan yang tersedia didesain untuk mengawasi masalah perkembangan anak.

Alat tersebut didesain untuk mengatasi masalah perkembangan anak. Kelemahan otot, gangguan keseimbangan, gangguan atensi, gangguan fungsi berjalan dan lainnya.

Gangguan Tumbuh Kembang Anak
Gangguan tumbuh kembang paling sering terjadi pada dua kasus utama. Pertama adalah gangguan fungsi motorik dan kedua adalah fungsi kognitif.

1. Fungsi motorik
Anak yang mengalami gangguan fungsi motorik mengalani gangguan saraf otot. Anak umumnya mengalami kelemahan otot, gangguan sendi, dan keterlambatan perkembangan motorik.

2. Fungsi Kognitif
Anak dengan gangguan fungsi kognitif ditandai dengan gangguan perilaku dan atensi serta komunikasi atau gangguan bicara.

Deteksi Dini Fungsi Kognitif
Sebenarnya orang tua sudah bisa mendeteksi sang anak mengalami gangguan tumbuh kembang sejak usia bayi baru lahir. Bayi bisa terdeteksi ada risiko gangguan perkembangan.

Misalnya, bayi baru lahir biasanya melakukan pola gerak yang normal dan aktif. Sedangkan pada anak yang mengalami gangguan tumbuh kembang biasanya mengalami gerakan yang abnormal.

Pola anak normal misalnya bisa menggenggam tangan, menekuk siku, tungkai dan bahunya bisa ditekuk. Nah, anak bermasalah tangannya akan membuka terus, lengannya lurus, tungkainya lurus. Tak bisa menyusu pada ibunya. Itu tanda-tanda bayi mengalami gangguan perkembangan.

Inilah Tip Para Orang Tua
Orang tua disarankan sudah harus khawatir anak mengalami gangguan tumbuh kembang dan terlambat jalan maksimal ketika anak berusia 1 tahun 6 bulan. Jika sampai usia itu anak belum bisa berjalan, orang tua harus segera berkonsultasi dengan profesional.

Peluang anak bisa tumbuh kembang seperti anak normal kebanyakan, menurut Ahmad hal itu ditentukan oleh penyebabnya. Semakin anak bisa diintervensi sedini mungkin maka peluangnya jauh lebih besar.

Silahkan Komentar

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here