Mencegah Penyakit Liver dengan Pola Makan dan Pengobatan Alami

0
86
views

befren.com – Penyakit liver (penyakit hati) adalah gangguan pada fungsi maupun fisiologis organ hati. Liver atau hati berada tepat di bagian bawah tulang rusuk pada sisi kanan perut Anda. Organ ini terdiri dari dua bagian, yaitu lobus kiri dan lobus kanan.

Organ hati berukuran menyerupai bola yang bekerja paling keras dalam tubuh. Pasalnya, hati berperan penting dalam proses pencernaan, menyingkirkan zat beracun dari dalam tubuh, dan menyimpan energi cadangan.

Gangguan fungsi hati dapat disebabkan oleh banyak hal. Penyebab sakit liver bisa diawali oleh infeksi virus maupun penyalahgunaan alkohol, seperti konsumsi alkohol berlebihan. Obesitas juga memiliki hubungan erat dengan penyakit hati.

Gejala

Hal pertama yang harus Anda ketahui mengenai penyakit liver adalah gejalanya. Anda harus mengenali gejalanya terlebih dahulu sehingga akan membuat Anda bisa segera melakukan pemeriksaan atau mengunjungi dokter terdekat sehingga gejala ini tidak semakin memperburuk keadaan. Gejala-gejala dari penyakit liver atau penyakit hati diantaranya nafsu makan menurun, warna kulit dan mata menjadi menguning, timbul rasa mual dan muntah, warna urien berubah jadi gelap seperti air teh, timbul rasa gatal-gatal pada kulit, perut terasa nyeri dan membesar, terjadi pembengkakan pada kaki dan pergelangan kaki dan warna fases berubah jadi pucat.

Jika Anda mengalami gejala-gejala yang disebutkan diatas, sebaiknya jangan ragu untuk memperiksaan diri Anda kedokter atau rumah sakit terdekat.

Ada cara mudah untuk menjaga kesehatan hati agar terbebas dari penyakit hati. Salah satunya dengan menghentikan kebiasaan buruk Anda sehari-hari.

Berikut panduan gaya hidup sehat sebagai cara mencegah penyakit hati:

1. Tangani Diabetes dengan Baik

Salah satu faktor penyebab perlemakan hati adalah penyakit metabolik seperti diabetes, kegemukan, dan kolesterol. Bila menderita diabetes, berat badan berlebih, dan kolesterol, Anda perlu menangani penyakit tersebut untuk menurunkan risiko penyakit hati.

2. Jaga Pola Makan

Salah satu penyebab perlemakan hati adalah pola makan yang tidak sehat. Makanan yang digoreng dengan kalori yang tinggi berpotensi meningkatkan kadar salah satu jenis kolesterol, yaitu trigliserida.

Selain itu, makanan tinggi kalori seperti makanan cepat saji berpotensi meningkatkan berat badan. Hindari juga konsumsi alkohol secara berlebihan. Alkohol merupakan salah satu penyebab perlemakan hati yang berpotensi menyebabkan kerusakan hati lebih lanjut.

3. Awasi Berat Badan

Cara mencegah penyakit hati lainnya adalah dengan mengontrol berat badan. Anda dapat berolahraga secara rutin untuk menurunkan berat badan. Jenis olahraga yang bisa dipilih, antara lain lari, berenang, atau bersepeda.

Tak hanya itu, olahraga sebanyak 3-5 kali seminggu merupakan cara baik untuk menurunkan risiko perlemakan hati.

4. Hindari Hubungan Seksual Berganti Pasangan

Setia pada pasangan Anda. Lakukan hubungan seksual dengan menggunakan kondom untuk mengurangi risiko penularan infeksi menular seksual, termasuk hepatitis B.

5. Terapkan Perilaku Bersih

Cuci tangan sebelum dan sesudah makan. Memang hal ini merupakan cara yang sederhana namun cukup efektif untuk meminimalkan infeksi virus, bakteri maupun parasit. Disarankan untuk mencuci tangan menggunakan air bersih dan sabun antiseptik selama 20 detik.

Penyakit hati dapat berakibat fatal. Maka dari itu, cara mencegah penyakit hati yang paling ampuh adalah dengan menerapkan gaya hidup sehat sejak dini. Bila terdapat keluhan atau gejala, segera periksakan diri ke dokter untuk penanganan yang tepat.

Pengobatan penyakit liver dengan bahan alami

Temulawak

Temulawak termasuk salah satu rempah-rempah yang cukup mudah ditemukan. Tumbuhan ini bermanfaat juga untuk mengobati penyakit liver. Cara memanfaatkan bahan satu ini yaitu temulawak harus diiris-iris tipis lalu dijemur. Setelah itu baru direbus dan ditambah dengan dau sirsak. Agar memiliki rasa sebaiknya tambahan gula merah secukupnya.

Daun pegagan

Tanaman satu ini bermanfaat untuk mengobati penyakit liver. Yang mana tanaman pegagan dapat meningkatkan perbaikan dan pengguatan sel hati. Caranya yaitu dengan direbus dan air rebusan harus diminum secara rutiin.

Sambiloto

Sama dengan temulawak, sambiloto juga termasuk cukup mudah ditemukan. Cara memanfaatkan tumbuhan ini untuk obat liver yaitu dengan cara direbus tapi sebaiknya daun sambiloto dikeringkan terlebih dahulu sebelum direbus.

Pengobatan liver bisa juga dengan mengkonsumsi obat-obatan dari dokter tapi jika sudah parah tindakan medis seperti operasi bisa jadi pilihan.

Silahkan Komentar

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here