Membuat Kolak dari Ubi Jalar Ternyata Begini Manfaatnya

0
568
views
Ubi Jalar Ternyata Begini Manfaatnya

 

U

bi jalar dikenal dengan nama ketela rambat,merupakan sumber karbohidrat yang cukup penting dalam sistem ketahanan pangan kita. Selain karbohidrat sebagai kandungan utamanya, ubi jalar juga mengandung vitamin, mineral, fitokimia (antioksidan) dan serat (pektin, selulosa, hemiselulosa). Bagian yang dimanfaatkan adalah akarnya yang membentuk umbi dengan kadar gizi.

Beberapa khasiat dan manfaat ubi jalar yang telah befren.com rangkum dari berbagai sumber.

Mengatasi Peradangan

Kolin merupakan nutrisi yang sangat penting dan serbaguna dalam ubi jalar untuk membantu tidur, gerakan otot, belajar dan memori. Kolin juga membantu untuk mempertahankan struktur membran sel, membantu dalam transmisi impuls saraf, membantu dalam penyerapan lemak dan mengurangi inflammation. Dalam studi yang dipublikasikan oleh Journal of Medicinal Food, ekstrak ubi jalar ungu ditemukan memiliki efek anti-inflamasi dan antilipogenic positif.

Mengontrol gula darah

Bahan makanan yang satu ini memang manis. Namun, menariknya, ubi jalar memiliki indeks glikemik rendah. Artinya, ubi jalar melepaskan gula secara perlahan ke dalam aliran darah, sehingga memberikan energi yang cukup untuk tubuh dan menjaga kadar gula darah.

Sedangkan, penganan lain yang juga manis berbahan dasar tepung dapat meningkatkan kadar gula darah dengan cepat. Di samping itu, ubi jalar merupakan sumber mangan yang baik. Mangan membantu memetabolisme karbohidrat. Dengan demikian, kadar gula darah terkontrol dengan sehat. Bahkan, hal ini dapat menjaga nafsu makan kamu.

Untuk kesehatan jantung

Ubi jalar adalah sumber vitamin B6 yang baik, gaes. Vitamin ini bertugas mengurai homocysteine, zat yang berkontribusi terhadap pengerasan pembuluh darah. Demikian menurut Harvard University School of Public Health.

Kandungan potasium di dalam ubi jalar juga bagus untuk jantung kamu, karena dapat menurunkan tekanan darah. Sementara itu, kalium pada ubi jalar merupakan elektrolit penting dalam membantu mengatur detak jantung kamu.

[artikel number=4 tag=”health” ]

Mengelola stres

Menurut Los Angeles Department of Public Health, ubi jalar mengandung magnesium, mineral yang memberikan rasa rileks setelah kamu mengalami tekanan selama di kantor. Dengan demikian, hal ini dapat memperbaiki suasana hati, serta bagus untuk kesehatan pembuluh darah arteri, tulang, otot, dan saraf.

Kekebalan tubuh

Vitamin A dan E yang ada di dalam ubi jalar dapat menjaga sistem kekebalan tubuh. Kedua vitamin ini juga merupakan antioksidan yang melindungi tubuh dari penyakit. Sementara itu, ubi jalar berwarna oranye mengandung lebih banyak vitamin A. Sedangkan, ubi jalar ungu memiliki antioxidant anthocyanin yang bermanfaat  bagi kesehatan tubuh secara keseluruhan dan membantu meredakan gangguan peradangan.

Kulit dan rambut

Vitamin A pada ubi jalar juga dapat membantu melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar matahari. Demikian menurut sebuah studi dalam jurnal Clinical Cancer Research (2004). Vitamin C dan E juga berperan dalam regenerasi kulit dan kolagen.

Mencegah Diabetes

Ubi jalar dianggap mengandung indeks glikemik rendah dan penelitian terbaru menunjukkan ubi jalar dapat mengurangi gula darah dan resistensi insulin pada penderita diabetes. Serat dalam ubi jalar membuat perbedaan besar juga. Penelitian telah menunjukkan bahwa penderita diabetes tipe 1 yang mengonsumsi diet tinggi serat, telah meningkatkan gula darah, lipid dan kadar insulin. Satu ubi jalar sedang memberikan sekitar 6 gram serat.

Silahkan Komentar

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here