Manfaat Sayuran Berwarna Merah untuk Nutrisi

0
75
views

befren.com – Sayuran hijau sering disebut-sebut yang paling sehat dan kaya nutrisi. Padahal, sayuran berwarna lain tak kalah juga kandungan gizinya. Sayur merah.

Bahkan, warna merah pada sayuran dipercaya sebagai tanda kandungan vitamin yang melimpah. Berikut manfaat nutrisi sayuran berwarna merah

1. Tomat

Manfaat tomat akan lebih maksimal apabila dikonsumsi secara langsung tanpa diolah. Tetapi masih banyak orang yang tidak suka memakan tomat secara lansung sehingga mau-tak mau harus diolah terlebih dahulu. Meski begitu, tomat tetap memberi manfaat baik bagi kesehatan.

Sayuran jenis ini juga mengandung vitamin A, vitamin C, vitamin K, kalium, folat, dan lycopene yang berfungsi sebagai antioksidan. Kandungan tersebut berfungsi untuk melindungi kulit dari risiko radikal bebas dan sinar ultraviolet. Tomat juga mampu menghaluskan dan menyembuhkan berbagai masalah kulit lainnya, seperti jerawat dan komedo.

2. Paprika Merah

Paprika kerap digunakan sebagai campuran dalam beragam resep masakan seperti salad, pizza, maupun pasta. Paprika sendiri bisa disebut salah satu jenis cabai yang berukuran besar.

Wangi dan rasa pedas yang dihasilkan oleh buah dengan sebutan bell paper ini begitu khas. Seperti halnya cabai pada umumnya, paprika juga mengandung capsicum annuum L yang menghasilkan cita rasa pedas. Jika dibandingkan dengan cabai rawit atau cabai merah, paprika tidak begitu terasa pedas.

Ada tiga jenis paprika yang sering ditemui orang yaitu paprika merah, paprika kuning, dan paprika hijau. Di antara ketiganya, paprika merah dianggap paling banyak memiliki kandungan nutrisi seperti sumber vitamin, antioksidan, dan beberapa mineral lain yang sangat baik untuk kesehatan tubuh mulai dari menyehatkan mata, baik untuk kesehatan kulit, dan mencegah kanker.

3. Lobak Merah

Selain serat dan karbohidrat, lobak merah juga sumber vitamin C yang sangat baik dengan 17 miligram per 1 cangkir. Jumlah tersebut merupakan 23 persen dari kebutuhan harian wanita dan 19 persen dari kebutuhan harian pria.

Jenis sayuran berwarna merah ini juga mengandung folat dan vitamin B6, serta mineral kalium, mangan, dan kalsium.

4. Bit

Berdasarkan United States Department of Agriculture (USDA), Amerika Serikat, bit sebenarnya sayuran yang punya kandungan antioksidan. Sayur merah ini mengandung potasium, serat, folat, zat besi, dan nol kolesterol.

Jika Anda konsumsi bit, bisa mengurangi tekanan darah, aliran darah, serta daya tahan tubuh.

Bit ini bisa dicampurkan dengan buah-buahan serta sayuran untuk meningkatkan rasa dan menambah lebih banyak nutrisi.

5. Kol Merah

Mengapa kol bisa berwarna merah? Warna tersebut berasal dari antosianin. Menurut sebuah penelitian, antosianin adalah antioksidan kuat yang dapat mengurangi penyakit kardiovaskular, gangguan otak, serta kanker.

Secangkir kubis merah sudah memenuhi 85 persen kebutuhan vitamin C harian, 42 persen kebutuhan vitamin K harian, dan 20 persen kebutuhan vitamin A harian.

Sayur merah ini juga merupakan sumber serat, vitamin B6, kalium, dan mangan yang baik.

Silahkan Komentar

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here