Manfaat Mendengarkan Musik Bagi Kesehatan

0
199
views
Manfaat Mendengarkan Musik Bagi Kesehatan

befren.com – Tidak banyak orang mengetahui bahwa musik dapat memberikan efek positif bagi tubuh kita. Di samping manfaat mendengarkan musik bagi kesehatan, musik juga mempunyai efek negatif bagi Anda jika tidak dilakukan dengan benar. Terdapat beragam jenis musik dapat meninggalkan kesan dan pengaruh yang berbeda pada pendengarnya. Musik dapat membuat seseorang merasa santai, sedih, menangis, dan tertawa. Bahkan musik diperkirakan bagus untuk kesehatan jantung.

Meski tidak dapat memperbaiki masalah jantung secara menyeluruh, setidaknya musik dapat membantu dalam menghilangkan stres, dan sedikit mempermudah masa penyembuhan setelah proses operasi jantung.

1. Melindungi pendengaran

Selama ini mendengarkan musik dalam volume keras memang diketahui bisa merusak pendengaran. Namun sebuah penelitian pada tahun 2001 yang dimuat dalam Washington Post mengungkap bahwa orang yang sering bermain musik selama hidup mereka memiliki kemampuan mendengar yang lebih baik. Sama seperti ketika seseorang melatih otot mereka, begitu juga dengan pendengaran yang terlatih untuk mendengarkan musik. Namun tentu saja Anda tetap harus berhati-hati. Jangan mendengarkan musik dalam volume keras, terutama ketika menggunakan headphone.

2. Musik dan tidur yang lebih nyaman

Saat Anda mengalami gangguan tidur, seperti insomnia, musik bisa menjadi jawabannya. Salah satu manfaat musik adalah membuat Anda lebih santai, sehingga mempermudah Anda untuk tidur dan juga meningkatkan kualitas tidur. Namun pilihan musik yang dapat membantu tidur lebih nyenyak adalah musik dengan alunan lembut dan pelan, bukan musik genre rock atau hip hop.

4. Mempengaruhi Gelombang Otak

Menurut sebuah penelitian medis, musik menghasilkan getaran suara yang bisa merangsang gelombang otak Anda. Hal ini tergantung dengan getaran pada musik. Kecepatannya akan mempengaruhi kewaspadaan.

Bahkan, berdasarkan survei yang dilakukan pada tahun 2001, orang yang sering mendengarkan musik memiliki otak yang lebih tajam. Penelitian dari University of Kansas Medical Center menemukan bahwa orang yang terkait dengan musik, seperti belajar musik dan terbiasa mendengarkan musik memiliki otak yang lebih awet muda dibandingkan dengan orang yang tidak menyukai musik.

5. Kesehatan jantung

Manfaat mendengarkan musik selanjutnya adalah baik untuk kesehatan jantung. Penelitian University Maryland Medical Center menemukan kaitan antara jantung yang sehat dan kebiasaan mendengarkan musik.

Penelitian mengungkap bahwa orang yang mendengarkan musik ceria memiliki aliran darah yang lebih lancar hingga 26 persen. Namun jika mereka mendengarkan musik yang sedih, aliran darah akan menurun hingga enam persen.

6. Memperkuat daya ingat

Berdasarkan penelitian dari Hong Kong, musik bisa digunakan untuk meningkatkan kemampuan otak anak-anak. Partisipan yang mengambil kelas musik diketahui memiliki nilai yang lebih baik dalam tes daya ingat dibandingkan partisipan yang tidak mendengarkan musik.

7. Meningkatkan Kemampuan Kognitif

Manfaat musik lainnya berhubungan dengan kemampuan kognitif seseorang. Sebuah studi yang dilakukan oleh University of Washington menunjukkan bahwa memberikan serangkaian permainan dengan musik pada bayi 9 bulan dapat meningkatkan perkembangan kognitifnya.

8. Sebagai Terapi Tambahan untuk Pasien Epilepsi

Epilepsi adalah gangguan otak yang ditandai dengan kejang. Kesimpulan dari hasil studi yang dilakukan oleh The Ohio State University Wexner Medical Center, pasien dengan epilepsi dapat diberikan terapi musik. Musik dinilai bisa membantu relaksasi sehingga menurunkan kejadian kejang.

Silahkan Komentar

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here