Manfaat Kurma yang Tersembunyi untuk Ibu Hamil

- Advertisement -
- Advertisement -

befren.com – Buah yang berasal dari Timur Tengah ini kerap dikonsumsi saat buka puasa maupun sahur. Selain rasanya yang manis dan legit, ternyata ada banyak manfaat kurma untuk ibu hamil. Pasalnya, kandungan tersebut baik untuk ibu dan si kecil.

Mulai dari protein, karbohidrat, magnesium, serat, kalsium, dan lainnya terdapat dalam kurma. Kurma pun mengandung antioksidan yang tinggi, loh! Lalu, apa saja manfaat kurma untuk ibu hamil? Yuk, cek informasi selengkapnya di bawah ini!

Berbagai Manfaat Kurma untuk Ibu Hamil

1. Memberikan Energi

Manfaat kurma untuk ibu hamil yang peratama adalah memberikan energi. Melansir dari berbagai sumber, hal ini dikarenakan kandungan kalor pada kurma. Setiap 100 gram kurma, mengandung sekitar 277 kalori yang baik untuk asupan kalori tambahan.

Saat trimester pertama, ibu hamil membutuhkan 180 kalori tambahan, sedangkan trimester kedua dan ketiga, ibu hamil membutuhkan 300 kalori tambahan setiap harinya. Jadi, kamu bisa mengonsumsi kurma untuk mendapatkan kalori tambahan ini.

2. Mencegah Anemia

Selain memberikan energi, manfaat kurma untuk ibu hamil lainnya adalah mencegah anemia. Pasalnya, kurma mengandung zat besi yang berfungsi untuk mencegah anemia. Buah ini cocok banget dikonsumsi oleh ibu hamil yang punya masalah darah rendah.

Dengan mengonsumsi kurma dalam jumlah yang tepat setiap harinya, maka ibu hamil dapat terhindar dari anemia. Zat besi juga menjaga hemoglobin dalam tubuh agar ibu dan calon bayi senatiasa kuat dan sehat.

3. Mencegah Sembelit

Sembelit merupakan salah satu masalah yang kerap dijumpai oleh ibu hamil. Untuk mengatasinya, ibu hamil disarankan untuk mengonsumi makanan yang kaya serta, termasuk buah kurma.

Hal ini dikarenakan manfaat kurma untuk ibu hamil adalah mencegah sembelit sehingga pencernaan tetap sehat dan sembelit mereda. Dengan begitu, kamu bisa jadikan kurma untuk asupan buah harian.

4. Ketuban Tidak Mudah Pecah

Ketuban tidak mudah pecah juga menjadi salah satu manfaat kurma yang dapat dirasakan oleh ibu hamil. Selaput berisi cairan ini bertujuan untuk melindungi calon bayi selama di dalam kandungan.

Apabila ketuban pecah saat belum waktunya dapat membahayakan janin. Melansir dari berbagai sumber, penelitian dalam Journal of Obstetric and Gynecology menunjukkan para ibu hamil yang mengonsumsi kurma memiliki ketuban yang lebih kuat.

5. Dapat Mempercepat Kontraksi

Manfaat kurma untuk ibu hamil lainnya adalah dapat mempercepat kontraksi, loh! Di dalam penelitian Journal of Obstetric and Gynecology menuliskan bahwa ibu hamil di trimesrer ketiga yang mengonsumsi kurma menjalani proses lahiran tanpa induksi medis.

Hal ini dikarenakan kurma mengandung hormon oksitosin yang dapat merangsang kontraksi rahim sehingga dapat memudahkan proses persalinan. Hormon tersebut juga dapat mempercepat proses pemulihan dan fungsi rahim.

6. Menjaga Kadar Gula Darah

Ibu hamil yang memiliki masalah gula darah dapat merasakan manfaat kurma yang satu ini. Sebuah penelitian dalam Nutrition Journal menuliskan bahwa kadar glukosa postprandial penderita diabetes tidak meningkat banyak setelah mengonsumsi kurma.

Pasalnya, kurma terkenal dengan rasanya yang manis, bukan? Hal ini juga dikarenakan kandungan Glycemic Index pada kurma yang rendah sehingga aman untuk dikonsumsi ibu hamil maupun penderita diabetes.

7. Baik untuk Pertumbuhan Tulang dan Gigi Bayi

Ternyata, manfaat kurma ini juga berpengaruh untuk tumbuh kembang si calon bayi, terutama untuk pertumbuhan tulang dan gigi. Hal ini tentu tidak terlepas dari kandungan yang ada di dalam kurma.

Melansir dari berbagai sumber, kurma mengandung magnesium yang baik untuk pertumbuhan tulang dan gigi janin. Di sisi lain, magnesium ini juga baik untuk ibu karena dapat mengatur tekanan darah dan kadar gula darah.

8. Mencegah Potensi Bayi Cacat

Manfaat kurma lainnya adalah mencegah potensi bayi cacat. Pasalnya, kurma menjadi salah satu sumber folat yang baik. Kandungan folat yang cukup dapat mencegah cacat yang berkaitan dengan otak dan sumsum tulang belakang.

Dengan demikian, ibu hamil disarankan untuk mengonsumsi makanan yang mengandung folat tinggi seperti buah kurma. Kandungan tersebut sangat baik untuk kesehatan ibu hamil maupun calon bayinya.

- Advertisement -
bella sika
bella sika
Dalam hidup, setiap masalah adalah pelajaran berharga. Setiap cobaan yg datang adalah proses pendewasaan diri

Latest news

Related news

- Advertisement -

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here