Manfaat Kaktus Bagi Kesehatan

0
62
views

befren.com – Kaktus memang unik karena dapat hidup di udara yang sangat panas dan tanpa air dalam waktu lama. Meski permukaannya dipenuhi duri, tumbuhan ini diyakini memiliki sejumlah manfaat bagi kesehatan dan kecantikan. Kaktus juga memiliki sejumlah vitamin dan mineral yang bermanfaat untuk tubuh, seperti vitamin A, C, K dan kalsium.

Berikut manfaat kaktus bagi kesehatan

Memperlancar pencernaan

Kaktus ternyata juga memiliki manfaat untuk melancarkan pencernaan.

Kaktus mengandung banyak serat pangan yang penting bagi proses pencernaan. Kandungan serat pada makanan membuat feses menjadi padat sehingga lebih mudah dikeluarkan dari saluran cerna.

Membantu mengendalikan gula darah

Makan kaktus dinilai aman bagi penderita diabetes karena dapat membantu mengendalikan gula darah. Hal ini didukung oleh sebuah penelitian yang dimuat dalam jurnal ISRN Pharmacology.

Penelitian tersebut menemukan bahwa ekstrak biji kaktus bisa menurunkan gula darah sekaligus meningkatkan glikogen pada otot dan hati.

Manfaat makan kaktus yang satu ini akan semakin baik jika diimbangi dengan konsumsi obat-obatan sesuai dengan resep dokter.

Menurunkan risiko kanker

Sebuah penelitian yang dilakukan pada hewan menunjukkan bahwa kaktus dapat menghambat pertumbuhan tumor di dalam tubuh. Manfaat ini berasal dari kandungan antioksidan yang begitu beragam. Dengan makan kaktus, salah satu manfaat yang Anda terima adalah mendapatkan antioksidan berupa pektin, karoten, asam askorbat, betalain, polifenol, dan asam galat. Seluruh senyawa antioksidan ini melindungi tubuh Anda dari radikal bebas yang memicu pembentukan kanker.

Silahkan Komentar

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here