Manfaat Jantung Pisang Jika Diolah dan Dikonsumsi dengan Benar

0
86
views

befren.com – Salah satu yang bermanfaat untuk kesehatan jika dikonsumsi adalah jantung pisang. Salah satu bagian dari pohon pisang ini kerap dibuang karena dianggap tak berguna. Padahal, manfaatnya bagi kesehatan lumayan banyak dan dapat diolah menjadi masakan yang lezat.

Jantung pisang memiliki khasiat obat yang luar biasa. Jantung pisang memiliki profil nutrisi yang kuat. Jantung pisang sendiri mengandung Vitamin A, B, C, E, serat, tiamin, niasin, dan asam pantotenat.

Selain itu, jantung pisang juga mengandung kalsium, magnesium, fosfor, tembaga, mangan, besi, kalium, seng, protein dan karbohidrat.

Manfaat sehat jantung pisang.

1. Baik untuk diet, karena jantung pisang memberikan efek kenyang lebih lama, daripada manfaat nasi putih karena memiliki serat yang tinggi dan rendah

2. Melancarkan siklus darah, karena jantung pisang bersifat anti koagulan yang dapat mencegah terjadinya penggumpalan darah.

3. Mencegah kanker, kandungan dalan jantung pisang diyakini mengurangi efek radikal bebas dimana radikal bebas ini bisa mengakibatkan kerusakan kinerja organ, karena sistem oksidasi mengakibatkan penuaan pada beberapa sel. Estrak metanol dalam jantung pisang mempunyai karakter seperti manfaat antioksidan, yang sangat baik untuk mencegah radikal bebas.

4. Anti penuaan dan menyembuhkan infeksi, ini teradi karena jantung pisang memiliki kandungan flavonoidny berfungsi juga sebagai anti radikal

5. Mencegah stroke: Caranya yaitu dengan menggunakan satu buah jantung pisang ambon yang direbus. Setelah itu, peras dan ambil sarinya dan selanjutnya minum sebanyak dua kali sehari untuk mencegah penyakit stroke.

6. Mencegah Kolesterol, karena mampu mengikat lemak jahat dan kolesterol yang nantinya akan dikeluarkan

7. Menyehatkan Perut, karena melancarkan pencernaan karena jantung pisang mengandung fiber yang tinggi.

8. Makanan penderita diabetes, jantung pisang baik bagi penderita diabetes karena memiliki indeks glikemik yang rendah sehingga insulin yang dibutuhkan untuk mengubah glukosa menjadi energi. Jantung pisang yang di rebus saja ini, sangat efektif untuk turunkan kandungan gula darah.

9. Kaya serat, selain mengandung serat pangan yang tinggi sebab jantung pisang memiliki kandungan seperti karbohidrat, protein, mineral maupun vitamin seperti betakarotin, vitamin B1.

Efek Samping Jantung Pisang

Selain banyak manfaat yang ditawarkan, ternyata jantung pisang juga memiliki efek samping bila dikonsumsi dalam jumlah dan kondisi yang tidak tepat. Beriku adalah efek samping jantung pisang :

1. Hiperkalemia

Jantung pisang memiliki sejumlah kandungan yang tinggi salah satunya adalah kandungan kalium yang sudah tentu memberikan dampak yang buruk terhadap kesehatan.

Ketahuilah bahwa kandungan kalium sangat berguna untuk tubuh seperti berguna untuk kebugaran, namun bila kalium yang masuk kedalam tumbuh dalam jumlah banyak atau berlebihan maka akan menyebabkan timbulnya hiperkalemia.

Hiperkalemia merupakan salah satu kondisi yang membuat tubuh terganggu seperti otot menjadi lemah, lumpuh sementara hingga detak jantung berdetak secara tidak beraturan. Bila ini terus berlanjut maka akan menyebabkan gagal jantung.

2. Hormon Tidak Seimbang

Salah satu yang menyebabkan hormon tidak seimbang didalam tubuh adalah xeniobiotik yang terdapat dalam jantung pisang.

Yang dipengaruhi adalah hormon estrogen pada perempuan dan androgen pada pria. Ketauilah bahwa mengosumsi jantung pisang secara sering dalam jumlah yang banyak mamu memberikan efek yang buruk terhadap keseimbangan kedua hormon tersebut seperti kacaunya siklus haid dan rasa lelah yang sangat berlebihan.

3. Gangguan Pencernaan

Jantung pisang memiliki kandungan serat yang sangat tinggi. Bila mengkonsum dalam jumlah banyak maka akan menyebabkan diare dan perut kembung.

Namun bila mengkonsumsi dalam jumlah yang tepat maka tidak akan terjadi efek samping melainkan manfaat seperti yang sudah kita jelaskan diatas.

4. Kerusakan Sistem Syaraf

Kandungan Vitamin B6 yang terdapat dalam jantung pisang sangat tinggi, Apabila jenis vitamin ini masuk kedalam tubuh secara berlebihan maka bisa menyebabkan kerusakan pada sel saraf.

Berdasarkan penelitihan yang dilakukan oleh pusat medis universitas Maryland menyatakan bahwa apabila tubuh manusia menyerap vitamin B16 lebih dari 100 mg dalam setiap harinya maka bisa mneyebabkan kerusakan sel saraf.

Silahkan Komentar

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here