Manfaat dan Khasiat Pisang untuk Kesehatan

- Advertisement -
- Advertisement -

befren.com – Tanaman pisang banyak dimanfaatkan untuk berbagai keperluan hidup manusia. Seluruh bagian dari tanaman pisang dapat dimanfaatkan untuk berbagai keperluan, mulai dari bonggol, batang, daun, buah dan bunga. Disini yang akan befren bahas adalah manfaat buah pisang.

Sumber Antioksidan

Sebagai salah satu jenis buah, sudah tidak heran bila pisang merupakan sumber terbaik antioksidan bagi tubuh Anda.

Beberapa jenis antioksidan yang terkandung di dalam pisang, yaitu dopamin dan katekin. Keduanya diketahui memiliki manfaat besar bagi kesehatan, termasuk menurunkan risiko penyakit jantung dan penyakit degeneratif (akibat penuaan).

Mencegah Kanker

Lectin, salah satu kandungan antioksidan di dalam pisang, diduga berperan dalam pencegahan pertumbuhan sel leukemia.

Pada tahun 2004, sebuah penelitian menunjukkan bahwa rutin konsumsi jus pisang, jeruk, atau keduanya memiliki risiko lebih kecil terkena leukemia.

Meningkatkan Daya Ingat

Pisang mengandung triptofan, salah satu jenis asam amino yang berperan besar dalam menjaga kesehatan memori. Oleh karena itu, pisang dapat bermanfaat untuk menjaga daya ingat seseorang.

Selain itu, triptofan juga berperan dalam regulasi mood atau suasana hati. Jadi, bagi Anda yang ingin meningkatkan mood, makan buah pisang patut dicoba.

Mengurangi Kram Saat Olahraga

Pisang sering dijadikan buah pilihan bagi para atlet. Ini karena buah pisang kaya akan gizi dan dapat menjadi sumber energi yang baik ya befren.

Manfaat lain dari pisang bagi para atlet adalah dapat membantu menjaga keseimbangan elektrolit, sehingga bisa menurunkan risiko kram saat olahraga.

Kesehatan Tulang

Menurut studi dari The American Journal of Clinical Nutrition, prebiotik fruktooligosakarida yang terkandung dalam pisang akan terfermentasi dalam saluran pencernaan dan meningkatkan kemampuan penyerapan kalsium.

Untuk Merawat Kulit

Pisang yang dicampur madu berkhasiat atasi kulit yang terlalu kering. Ini juga baik untuk rawat kulit orang yang lanjut usia, yang cenderung semakin kering. Selain itu, pisang baik untuk mengatasi jerawat. Caranya: hancurkan daging buah pisang matang, kemudian oleskan pada kulit wajah yang berjerawat. Diamkan selama 15-30 menit, lalu bersihkan. Lakukan secara rutin hingga jerawat hilang.

Melancarkan Aliran Oksigen ke Otak

Pisang kaya akan potasium, mineral yang penting bagi penjagaan fungsi jantung dan sirkulasi darah. Oleh sebab itu sirkulasi oksigen ke otak bisa terjamin dan stroke akibat tekanan darah tinggi bisa dicegah.

- Advertisement -
bella sika
bella sika
Dalam hidup, setiap masalah adalah pelajaran berharga. Setiap cobaan yg datang adalah proses pendewasaan diri

Latest news

Related news

- Advertisement -

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here