Manfaat dan Efek Samping Pengobatan Tradisional Serta Penyakit yang Bisa Menggunakan Akupuntur

0
69
views
Manfaat akupuntur

befren.com – Pengobatan tradisional dari Tiongkok dengan menusukkan kepada area tertentu pada tubuh dengan jarum tipis yang tajam, bertujuan untuk mengaktifkan aliran chi yang disebut meridian. Walaupun metode pengobatan ini belum teruji secara ilmiah, banyak yang percaya kalau metode ini dapat menyembuhkan berbagai penyakit serta meredakan nyeri dan telah dikenal berabad-abad. Terapi ini dipercaya bisa merangsang saraf, otot, serta jaringan ikat. Pengaplikasiannya pun sudah mendunia kerap disertakan dalam berbagai terapi medis. Ada beberapa kondisi medis yang dipercaya bisa diatasi dengan bantuan akupunktur.

Akupunktur tradisional mengatakan bahwa jarum khususnya bekerja dengan saluran energi alami Anda untuk menenangkan atau member energi pada berbagai bagian tubuh, dan membantu tubuh menyembuhkan dirinya. Penelitian modern pun mengonfirmasi bahwa penyaluran energi benar-benar bekerja dan sejalan dengan sistem saraf tubuh.

Tusuk jarum atau akupuntur dinilai cukup aman, namun hanya jika dilakukan oleh ahli tusuk jarum yang telah memiliki izin. Jika Anda tinggal di area dimana seseorang tidak memerlukan izin untuk dapat membuka praktik tusuk jarum, maka Anda sebaiknya memeriksa apakah ia memiliki izin yang diterimanya dari area atau negara lain.

Jadi, kondisi apa saja yang bisa diatasi dengan akupunktur?

1. Gangguan pencernaan

Efek menenangkan dari akupunktur, beserta kemampuannya untuk “membangkitkan” bagian tubuh yang tak bekerja dengan baik dan mengobati peradangan, membuatnya sesuai untuk mengatasi masalah pencernaan. Beberapa orang yang memiliki masalah pencernaan seperti irritable bowel syndrome (IBS), sakit perut, atau konstipasi sering mengandalkan akupunktur sebagai terapi pendamping.

Selain itu, akupunktur yang dikombinasikan dengan latihan fisioterapi juga dapat membantu masalah pada panggul seperti inkontinensia urine (tak mampu menahan buang air kecil). Jarum tidak akan ditusukkan ke area pinggang, tapi pada titik yang mendukung penguatan otot dasar panggul.

2. Alergi

Alergi terjadi akibat reaksi sistem imun yang berlebihan saat terpapar zat tertentu dari luar tubuh. Gejala yang bisa diredakan antara lain meler dan mata sembap. Menurut sebuah percobaan tahun 2008 pada 5.000 orang di Jerman, mereka yang memiliki alergi rinitis dan mendapatkan terapi akupunktur lebih bisa mengontrol kekambuhan gejala dibanding mereka yang tidak menjalani akupunktur.

3. Kesehatan mental

Perawatan akupunktur bisa memberikan ketenangan dari segi emosi dan mental. Itulah mengapa, terapi ini disebut ampuh meredam stres dan jadi pilihan menarik untuk mengatasi masalah seperti insomnia. Bahkan, akupunktur dapat membantu banyak masalah kesehatan mental seperti depresi dan kecanduan terhadap zat adiktif.

4. Nyeri tubuh

Akupunktur diketahui dapat meredakan tekanan di leher, nyeri di punggung, serta sakit kepala. Teknik ini juga sering digunakan untuk meredakan rasa sakit dan meningkatkan mobilitas pasca cedera atau kecelakaan.

“Akupunktur dapat menggiring hormon kortisol untuk menghampiri ke titik nyeri, yang dapat membantu memobilisasi sendi, menciptakan gerak, sekaligus membantu menenangkan otot,” kata Gayle Hulme, pemilik Lakeview Physiotherapy & Acupuncture di Kanada.

Kadang, jarum ditusukkan ke tempat rasa sakit untuk membantu merelaksasi otot atau memperbaiki otot yang lemah. Para praktisi juga bisa mencari area tubuh lain berkontribusi terhadap timbulnya rasa nyeri, misalnya tekanan pada kaki atau posisi bahu yang tidak pas.

5. Kesuburan

Semakin banyak dokter kesuburan yang merekomendasikan akupunktur sebagai terapi utama maupun terapi alternatif untuk mendukung efektivitas inseminasi buatan (IUI) atau in-vitro fertilization (IVF).

“Akupunktur baik untuk kesuburan yang bekerja dengan cara menyeimbangkan ulang hormon, sirkulasi, dan metabolisme,” kata Linda Xu, akupunkturis dari Total Wellness Center di Toronto, Kanada. Umumnya jarum tak hanya ditusukkan ke area perut, tapi juga kaki, lutut, kepala, dan tangan. Akupunktur juga banyak diandalkan pria yang punya masalah dengan sperma dan berdampak pada kesuburannya.

Jika Anda mengalami kondisi di atas, mungkin bisa mempertimbangkan teknik akupunktur untuk menangani keluhan yang Anda rasakan. Ingat, pilihlah tempat akupunktur yang aman, dengan praktisi yang tersertifikasi, atau berdasarkan rekomendasi dokter. Untuk Anda yang memiliki keluhan di leher, sebaiknya berkonsultasi dengan dokter terlebih dulu untuk menentukan jenis terapi yang paling aman.

Kontra Indikasi Pengobatan Akupuntur

Akupunktur sebaiknya dilakukan oleh tenaga ahli yang terlatih. Hal ini untuk mencegah terjadinya keluhan setelah diberikannya metode pengobatan ini. Walau sangat minim efek samping, namun akupuntur juga memiliki pantangan untuk diberikan pada suatu kondisi. Ada beberapa kondisi yang sangat tidak disarankan untuk melakukan terapi menggunakan jarum.

Kontra indikasi pengobatan akupuntur antara lain:

  1. Keadaan fisik lemah
  2. Menusuk daerah tumor atau kanker.
  3. Penderita yang memakai alat pacu jantung.
  4. Kedaruratan medik.
  5. Gangguan pembekuan darah.
  6. Ibu hamil trimester 1 karena dapat menyebabkan abortus.
  7. Menusuk kulit yang sedang mengalami radang / infeksi sistemik

Efek Samping Pengobatan Akupuntur

Akupuntur merupakan salah satu metode yang aman untuk pengobatan. Hal ini dikarenakan akupuntur tidak menimbulkan efek samping yang biasa timbul pada pemberian pengobatan yang menggunakan obat-obatan. Obat-obatan yang mengandung bahan kimia sering sekali dijumpai efek sampingnya. Akupuntur memiliki efek samping yang lebih sedikit dibandingkan dengan kebanyakan pengobatan-pengobatan barat.

Ada beberapa efek samping yang terjadi sebagai akibat pemberian akupuntur. Karena menggunakan benda tajam yang ditusukkan pada titik tertentu di kulit, ada beberapa orang yang merasakan sedikit rasa sakit karena ambang nyerinya yang rendah. Juga merasa kaku atau kesemutan ketika jarum akupuntur ditusukkan. Mungkin juga akan mengeluarkan beberapa tetes darah ketika jarum dicabut karena titik akupuntur yang berdekatan dengan vena besar.

Silahkan Komentar

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here