Manfaat dan Cara Makan Biji Bunga Matahari

0
316
views

befren.com – Orang Indonesia biasanya memakan kuaci sebagai camilan. Namun cara lain memakan biji matahari bisa ditambahkan pada oatmeal, yoghurt, sup atau salad.

Karena biji bunga matahari memiliki jumlah lemak yang bagus, mereka bisa menjadi cepat tengik, jadi pastikan untuk menyimpannya dalam wadah kedap udara.

Biji kuaci mengandung protein, vitamin E, dan phytochemical seperti helianthin yang mengumpulkan radikal bebas dalam darah Anda. Protein yang ditemukan di dalamnya (seperti pepsin dan pankreatin) juga menghentikan angiotensin-I converting enzyme (ACE), yang merupakan vasokonstriktor. Ini mempersempit pembuluh darah, sehingga meningkatkan tekanan darah.

Mengemil makanan yang mengandung rendah kolesterol dan makanan rendah GI (glycemic index) seperti biji bunga matahari yang dapat membantu Anda mengelola diabetes. Biji bunga matahari memiliki indeks glikemik rendah sekitar 20. Manfaat makan kuaci dapat mencegah kadar gula darah meningkat (hiperglikemia).

Asam lemak tak jenuh dan senyawa polifenol dalam biji bunga matahari juga sebagai anti-diabetes. Khasiatnya untuk mengontrol kadar gula Anda, secara tidak langsung dapat melindungi hati, pankreas, dan juga organ vital lainnya.

Studi yang dilakukan oleh sekelompok peneliti, yang diterbitkan dalam The Journal of Nutrition, menunjukkan bahwa manfaat kuaci bunga matahari dapat meningkatkan antioksidan.

Salah satu komponen terbaik dari biji bunga matahari adalah kandungan vitamin E yang tinggi. Sekitar 80% dari kebutuhan harian Anda dipenuhi dengan 1/4 cangkir biji bunga matahari, akan dapat membantu meningkatkan antioksidan utama jika menambahkannya ke dalam makanan Anda.

Vitamin E dapat bertindak sebagai antioksidan bagi kulit dan dikenal untuk meremajakan kulit dengan meningkatkan sirkulasi darah dan mengurangi munculnya keriput.

Biji bunga matahari juga bisa dikonsumsi langsung tanpa dicampurkan dengan makanan lain. Caranya, cukup panggang biji bunga matahari dan tambahkan sedikit garam dan lada untuk menambah rasa.

Biji bunga matahari juga dapat menjadi tambahan dalam telur orak-arik. Penambahan biji bunga matahari dapat memberi tambahan tekstur yang garing pada sajian makanan lembut.

Bila tak ingin terlalu repot, biji bunga matahari juga bisa dicampurkan dengan mentega. Setelah tercampur rata, campuran ini bisa menjadi olesan untuk roti. Cukup tambahkan garam laut dan sedikit gula untuk memperkaya rasa.

Silahkan Komentar

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here