Manfaat Coklat untuk Kesehatan yang Tersembunyi

0
99
views
Manfaat Coklat untuk Kesehatan yang Tersembunyi

befren.com – Cokelat berasal dari kata Xocolat dan merupakan kombinasi kata xocolli yang dapat diartikan pahit dan alt yang artinya air. Pada sekitar tahun 900M biji cokelat menjadi komoditas utama penduduk Meso-Amerika. Tahun 1521 M, Hernan Cortes mengambil alih Meksiko dan Spanyol dan mulai mendalami Cokelat. Tidak lama kemudian, biji cokelat dan cokelat mulai merambah spanyol. Dalam waktu 100 tahun, kecintaan kepada cokelat mewabah di seluruh Eropa. Itulah sekilas tentang coklat, lantas apa manfaat coklat bagi tubuh kita?

Kandungan Cokelat

Cokelat merupakan makanan atau minuman olahan yang berasal dari biji kakao. Cokelat mengandung lemak tak jenuh berupa asam oleat dan juga senyawa lainnya seperti katekin (flavonoid), kafein, alkaloid berupa theobromine dan phenethylamine. Cokelat juga memiliki kandungan mineral seperti natrium, kalium, kalsium, magnesium, serta zat besi. Sedangkan vitamin yang terkandung di dalam cokelat adalah vitamin A dan sedikit kandungan vitamin B12.

1. Menjaga saluran pencernaan

Banyak orang yang beranggapan bahwa seseorang yang memiliki gangguan pencernaan seperti penyakit asam lambung sebaiknya menghindari cokelat. Namun di sisi lain, cokelat juga memiliki manfaat untuk pencernaan. Cokelat memiliki kandungan probiotik yang baik untuk menjaga sistem pencernaan agar dapat bekerja dengan baik.

2. Mengontrol Tekanan Darah

Kandungan flavonoid dalam cokelat dapat menstimulasi endothelium, dinding arteri untuk memproduksi nitric oxide (NO).

Peran NO sendiri adalah mengirimkan sinyal agar terjadi relaksasi arteri sehingga menurunkan tekanan darah. Inilah alasan mengapa salah satu manfaat cokelat berperan untuk mengontrol tekanan darah.

3. Membuat bahagia

Manfaat cokelat untuk membantu memperbaiki mood memang sudah banyak menjadi pembahasan. Kandungan senyawa dalam cokelat dapat meningkatkan hormon dopamin dan serotonin dalan otak. Kedua hormon ini memiliki peran memberikan rasa senang dan nyaman.

Jadi manfaat cokelat yang dapat meningkatkan mood dan membuat seseorang lebih bahagia memang ada benarnya dan bukan merupakan mitos. Namun efek ini juga bisa berbeda pada setiap orang.

4. Meningkatkan Memori Otak

Penelitian dan studi menunjukkan bahwa lansia yang diberikan ekstrak kokoa dengan kandungan flavonoid yang tinggi akan memperoleh peningkatan fungsi kognitif yang signifikan.

Karena alasan tersebut, manfaat cokelat disebut-sebut dapat meningkatkan memori otak seseorang.

5. Mengatur kadar kolestero

Manfaat cokelat yang pertama adalah dipercaya dapat mengatur kadar kolesterol. Cokelat yang mengandung antioksidan polifenol dalam bentuk flavonoid ini dipercaya dapat menurunkan jumlah kolesterol jahat dalam tubuh. Selain itu, cokelat juga dipercaya dapat meningkatkan jumlah kolesterol jahat. Maka dari itu, cokelat disebut dapat mengntrol kadar kolesterol.

6. Baik untuk kulit

Cokelat hitam juga bisa menjaga kulit dari kerusakan akibat sinar matahari. Meskipun begitu, sebaiknya juga tetap menggunakan krim tabir surya.

7. Baik untuk kesehatan ibu dan bayi

Sebuah studi menyebut coklat bisa menurunkan stress pada ibu dan bayi. Ibu menjadi lebih banyak tersenyum daripada orang tua hamil yang tak mengonsumsi cokelat.

Cokelat hitam juga bisa menjaga kulit dari kerusakan akibat sinar matahari. Meskipun begitu, sebaiknya juga tetap menggunakan krim tabir surya.

8. Menurunkan berat badan

Berbeda dengan manfaat buah-buahan yang memang terkenal baik untuk menjaga bobot tubuh, mengkonsumsi coklat menjadi ketakutan sendiri bagi orang diet. Pada penelitian yang dilakukan oleh University of Copenhagen menghasilkan penemuan bahwa dark chocolate memberikan perasaan lebih kenyang seperti manfaat jambu biji dan manfaat apel, daripada coklat putih. Ini artinya coklat cukup bermanfaat untuk membantu menurunkan berat badan.

Silahkan Komentar

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here