Manfaat Bunga Pepaya

0
132
views

befren.com – Pohon pepaya banyak tumbuh di daerah beriklim tropis. Tanaman dengan nama ilmiah Carica papaya ini memiliki buah dengan rasa manis dan berwarna cerah. Buahnya pun mengandung sejumlah khasiat bila dikonsumsi.

Selain buahnya, masyarakat Indonesia juga memanfaatkan bunga pepaya sebagai bahan aneka masakan. Akan tetapi, berbeda dengan buahnya yang manis, bunga pepaya memiliki rasa yang pahit.

kandungan serat, potasium, dan vitamin dalam pepaya juga dapat membantu menangkal penyakit jantung. Buah berwarna oranye ini berkhasiat juga untuk mencegah asma, kanker, menjaga kesehatan tulang, menjaga tekanan darah, sekaligus memelihara kadar gula darah.Akan tetapi, tak hanya buah, daun pepaya juga banyak dimanfaatkan untuk sayuran. Daun dengan rasa pahit ini diketahui dapat mengatasi diare.

Bersama daun pepaya, khasiat bunga pepaya juga bisa membantu mengurangi derajat keparahan asma. Pada penyakit asma, terjadi reaksi peradangan pada saluran pernapasan sehingga saluran menjadi bengkak dan menghasilkan banyak lendir.

Daun pepaya mengandung efek anti-inflamasi yang cukup kuat dan dapat bekerja langsung pada sel-sel di saluran pernapasan.

Jika dibandingkan dengan obat kortikosteroid sejenis metilprednisolone, keduanya memiliki efek yang hampir serupa. Meski demikian, obat metilprednisolone tetap lebih superior.

Apabila Anda atau orang lanjut usia (lansia) mengalami masalah nafsu makan, memberikan sayuran bunga pepaya dapat membantu. Meski begitu, manfaat yang satu ini masih harus diuji kebenarannya terlebih dahulu.

Walau demikian, Anda juga perlu ingat bahwa meskipun memiliki segudang manfaat, bunga pepaya belum dapat digunakan sebagai pengganti obat-obatan yang sudah teruji klinis.

Untuk mengobati penyakit tertentu, Anda tetap harus mengonsultasikannya kepada dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

Silahkan Komentar

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here