Manfaat Buah Stroberi Bagi Kesehatan Kehamilan

0
111
views

befren.com – Buah yang memiliki nama latin Fragaria ananassa ini bisa dikonsumsi langsung oleh Bumil atau diolah menjadi beragam makanan dan minuman, seperti jus atau smoothies, salad buah, es krim, pancake, kue, hingga jelly.

1. Bermanfaat untuk Pertumbuhan Janin

Manfaat strawberry untuk program hamil selanjutnya adalah mendukung tumbuh kembang janin. Bridget Swinney mengatakan vitamin C dalam stroberi penting untuk pembentukan kolagen (salah satu protein yang menyusun tubuh manusia).

Kolagen merupakan protein struktural yang dapat mendukung pembentukan tulang, tulang rawan, dan kulit bayi.

2. Cegah Peradangan

Vitamin C di dalam buah stroberi merupakan antioksidan yang baik untuk melindungi perempuan hamil dari risiko peradangan. Dengan mencegah peradangan, stroberi juga menjaga pertumbuhan si kecil.

Sebab sebuah riset yang dirilis oleh Nature Neuroscience menyebutkan peradangan yang dialami bumil dapat meningkatkan risiko penyakit mental maupun gangguan perkembangan otak anak.

3. Mencegah Obesitas

Berdasarkan American Society for Reproductive Medicine (ASRM), obesitas merupakan penyebab ketidaksuburan pada enam persen wanita yang sebelumnya tidak pernah hamil.

Oleh karena itu, selain menerapkan gaya hidup sehat, Anda dapat mencegah obesitas dengan mengonsumsi makanan bergizi seperti stroberi.

Buah-buahan beri itu kadar gulanya tidak terlalu tinggi. Jadi penting juga untuk mencegah terjadinya obesitas. Karena obesitas bisa mengurangi kesuburan.

4. Mencegah Diabetes

Diabetes dapat memengaruhi tingkat kesuburan wanita, menilik dari Diabetes.co.uk.

Diabetes dapat menyebabkan wanita mengalami menstruasi tidak teratur dan kegagalan ovarium prematur.

Kegagalan ovarium prematur atau hilangnya fungsi normal indung telur sebelum usia 40 tahun dapat menyebabkan wanita sulit hamil.

Untuk mencegah terjadinya diabetes penyebab ketidaksuburan, Anda dapat mengonsumsi stroberi. Berdasarkan sejumlah studi yang dirilis Healthline, stroberi diyakini bermanfaat mengurangi lonjakan gula darah dan insulin.

Manfaat stroberi dalam studi tersebut diperoleh setelah partisipan mengonsumsi makanan kaya karbohidrat bersama buah bercita rasa asam tersebut. Hal ini berlaku bila dibandingkan dengan peserta yang mengonsumsi makanan kaya tinggi karbohidrat tanpa asupan stroberi

5. Mendukung Kehamilan

Ahli diet, Bridget Swinney, RD, mengungkapkan bahwa stroberi dipenuhi dengan vitamin C yang dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Kekebalan tubuh yang baik dapat mendukung kesuburan wanita. Perlu Anda tahu, satu cangkir stroberi mengandung 84 mg vitamin C. Jumlah ini dapat memenuhi lebih dari seratus persen Asupan Referensi Diet (DRI) untuk kehamilan.

Silahkan Komentar

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here