Manfaat Buah Delima Bagi Kesehatan

0
131
views

befren.com – Delima dinobatkan sebagai salah satu makanan super. Banyak penelitian yang telah menunjukkan bahwa buah merah delima ini memiliki manfaat yang luar biasa bagi tubuh Anda, termasuk menurunkan risiko segala macam penyakit.

1. Melembabkan kulit

Bila dibandingkan dengan teh hijau, antioksidan dan vitamin C sari buah delima sebenarnya lebih baik untuk mengatasi kulit kering serta kusam.

Minyak buah delima mampu menembus ke dalam kulit, sehingga cukup efektif untuk merawat kulit kering. Buah delima pun dikatakan bisa menenangkan kulit kering, pecah-pecah, dan iritasi berkat asam punicic-nya yang merupakan pelembab alami.

2. Melawan radikal bebas

Antioksidan adalah senyawa yang mampu melindungi sel tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas. Molekul radikal bebas dapat terbentuk dari polusi udara di lingkungan maupun proses metabolisme alami dalam tubuh.

Dari manapun asalnya, radikal bebas akan merusak bahkan menghancurkan sel sehat di sekitarnya. Molekul tersebut pun dapat memicu penyakit kronis mulai dari obesitas, diabetes melitus, jantung, hingga kanker.

Mengonsumsi delima, secara tidak langsung, akan membantu mengurangi risiko penyakit-penyakit tersebut karena kandungan antioksidannya yang merusak rantai radikal bebas.

Tidak heran jika buah delima dipercaya dapat mencegah kemungkinan penyakit jantung, menghambat pertumbuhan sel kanker (kanker prostat, kulit, payudara, dan paru).

Antioksidan pada delima diyakini juga bisa memperbaiki dan mencegah kerusakan DNA yang dapat memicu tumbuhnya sel kanker.

Senyawa punicalagin delima pun bersifat antiinflamasi. Sebuah studi terhadap hewan menunjukkan adanya perlambatan penumpukan plak amiloid pada tikus yang diberi jus delima. Plak amiloid ini dicurigai sebagai penyebab utama penyakit Alzheimer.

3. Melindungi Kulit dari Sinar UV

Matahari sangat bagus untuk kesehatan kulit dan juga tulang kita tetapi kalau terlalu lama terpapar oleh sinar matahari maka akan menyebabkan kerusakan pada sel kulit. Hal ini yang akan menimbulkan keriput, bintik hitam dan juga kanker pada kulit kita.

Tetapi, kalau kamu rajin mengonsumsi buah delima maka antioksidan yang ada di dalam buah ini akan membantu kamu melindungi kulit dari paparan sinar UV.

4. Membantu Meningkatkan Kesehatan Pencernaan

Biji delima dapat meningkatkan kesehatan pencernaan karena mengandung vitamin B komplek.

Vitamin ini dapat membantu tubuh Anda mengurangi lemak, protein, dan karbohidrat menjadi energi.

Bijinya juga mengandung serat, nutrisi penting lainnya untuk pencernaan. Serat ini juga dapat mencegah dan mengobati sembelit.

Efek samping buah delima

Delima sangat sehat dan aman untuk dikonsumsi. Tetapi, tetap saja ada kemungkinan buah satu ini memicu alergi pada sebagian orang.

Gejala yang timbul umumnya berupa gatal-gatal pada mata, kesulitan bernapas, pembengkakan di area tubuh tertentu, dan hidung meler.

Selain itu, air buah delima dapat berinteraksi negatif dengan beberapa obat, termasuk pengencer darah, obat kolesterol serta hipertensi. Oleh karena itu, ada baiknya konsultasikan ke dokter sebelum Anda mengonsumsi delima–apalagi dalam bentuk suplemen–untuk mengatasi masalah kesehatan tertentu.

Silahkan Komentar

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here