Makanan untuk Mencegah Penyakit Kuning

0
92
views
Makanan untuk Mencegah Penyakit Kuning

befren.com – Penyakit kuning terjadi akibat penumpukan bilirubin di darah dan jaringan tubuh lainnya. Ada beberapa hal yang bisa menjadi pemicu kondisi ini. Salah satunya adalah gangguan pada hati atau empedu. Maka dari itu, makanan dan yang dikonsumsi nyatanya bisa memengaruhi penyakit kuning.

Penyebab umum penyakit kuning di antaranya:

  • Di antaranya hepatitis dan malaria.
  • Penggunaan obat-obatan tertentu, seperti asetaminofen, penisilin, beberapa jenis obat KB, atau obat steroid.
  • Penyalahgunaan alkohol
  • Penggunaan alkohol dalam jumlah besar dan jangka waktu lama dapat meningkatkan risiko kerusakan hati.
  • Sumbatan saluran empedu
  • Normalnya empedu disalurkan dari hati ke usus lewat suatu saluran kecil.
  • Sumbatan akibat batu, kanker atau tumor di jaringan sekitarnya dapat mengakibatkan sumbatan sehingga terjadi penumpukan empedu dan pemecahan bilirubin yang berlebih.
  • Kanker

Beberapa makanan dapat menyembuhkan penyakit kuning dan membantu Anda sembuh lebih cepat.

Bahan alami untuk mengobati sakit kuning umumnya mengandung vitamin C yang baik untuk hati. Konsumsi berbagai makanan sehat ini akan membantu memulihkan sakit kuning lebih cepat, di samping secara teratur mengonsumsi obat-obatan yang dianjurkan dokter. Tanyakan pada dokter bagaimana penyembuhan terbaik untuk penyakit.

Madu

Mencegah penyakit kuning juga bisa dilakukan dengan bantuan enzim pencernaan alias digestive enzyme. Ada beberapa jenis makanan yang mengandung enzim ini, seperti madu, buah nanas, pepaya, dan mangga.

Selain itu, konsumsi kopi dalam jumlah sedang juga disebut bisa membantu menjaga kesehatan organ hati. Kopi juga disebut bisa meningkatkan antioksidan di dalam tubuh. Namun, perlu diingat, sebaiknya jangan berlebihan dalam mengonsumsi kopi karena mungkin bisa memicu kondisi lain yang tidak diinginkan.

Nanas

Jus nanas muda, adalah diuretik dan vermifuge yang baik. Selain itu, sepotong nanas yang matang juga punya khasiat yang sama. Bisa mengatasi peradangan hati dan penyakit kuning.

Nanas adalah buah yang dapat mendetoks tubuh dan membantu membersihkan sel-sel hati. Nanas merupakan salah satu makanan yang dapat menyembuhkan penyakit kuning secara efektif.

Tomat

Bahan alami untuk mengobati sakit kuning yang pertama adalah tomat. Tomat merupakan salah satu bahan makanan sumber likopen yang baik untuk kesehatan darah dalam tubuh. Minum jus tomat setiap pagi akan membantu memulihkan kesehatan hati.

Tomat juga kaya akan antioksidan dan vitamin C sehingga sangat baik dalam proses penyembuhan organ hati. Jus tomat juga membantu dalam meremajakan sel-sel hati.

Kunyit

Manfaat kunyit untuk kesehatan sudah tidak perlu dipertanyakan lagi. Sudah banyak yang tahu bahwa rimpang berwarna kuning oranye ini adalah tanaman obat yang sangat baik untuk berbagai macam penyakit, salah satunya adalah penyakit kuning.

Kunyit yang antibakteri, antimikroba, anti-inflamasi, dan bersifat antioksidan ini dapat mengatasi penyakit kuning jika dikonsumsi secara rutin. Cukup mencampur dua ruas kunyit dengan madu dan diminum setiap 3 kali sehari.

Air Putih

Menjaga kesehatan dan fungsi organ hati menjadi salah satu cara mencegah penyakit kuning. Nah, Anda bisa melakukannya dengan minum cukup air putih. Orang dewasa disarankan untuk mengonsumsi setidaknya 8 gelas atau 2 liter air dalam satu hari. Bukan tanpa alasan, air putih nyatanya bisa membantu kinerja hati dalam menyaring zat beracun dan mengeluarkannya.

Silahkan Komentar

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here