Makanan Ampuh Meredakan Nyeri Sendi

0
78
views

befren.com – Anda sering menjumpai orang yang sering mengeluh tentang rasa nyeri atau pembengkakan di kaki, tangan, sendi lutut bahkan Anda sendiri.

Penyakit ini biasanya disebabkan oleh nyeri sendi, ya penyakit ini memang cukup menjengkelkan karena akan memicu rasa sakit yang luar biasa dan akhirnya membuat Anda susah beraktifitas.

Penyebab terjadinya nyeri sendi ini yang paling sering dialami adalah :

Penyebab nyeri sendi adalah Osteoarthritis. Biasanya dialami oleh mereka yang sudah berumur 40 tahun keatas. Jadi ,ini adalah penyakit degenerative yaitu terjadi penurunan kemampuan fungsi organ atau sistem tubuh. Namun saat ini Osteoarthritis pun dialami oleh mereka yang berusia muda.

Penyebab nyeri sendi yang juga sering ditanyakan penangannya adalah asam urat. Asam Urat adalah penyakit radang sendi yang disebabkan karena tubuh kita tidak dapat mengontrol asam urat berlebih. Asam urat yang tidak ditangani serius dapat menyebabkan tulang kita rusak karena zat asam urat yang tertinggal didalam sendi mengeras.

Anda bisa tercegah dari penyakit nyeri sendi, berikut ada makanan yang ampuh mencegah dan meredakan nyeri sendi.

1.Tomat

Makan tomat bermanfaat karena dapat meredakan nyeri sendi. Biji tomat juga memiliki segudang manfaat yang dapat menggantikan aspirin, memiliki efek analgesik dan anti-inflamasi.

2.Jamur

Jamur sangat berguna untuk kesehatan lansia. Makan secara teratur dapat meningkatkan daya tahan tubuh, anti-penuaan, mengurangi risiko penyakit seperti kanker, penyakit kardiovaskular. Jamur kuping misalnya memiliki efek menurunkan tekanan darah, pencegahan aterosklerosis dan kerusakan sendi di seluruh tubuh.

3. vitamin B Kompleks

Perbanyak makanan yang banyak mengandung vitamin B Kompleks. Agar dapat membantu rileksasi otot dan syarat.Mengurangi rasa sakit peradangan.Contohnya adalah bekatul, memiliki kalori sedang sehingga tidak akan membuat gemuk badan.
Penderita nyeri sendi harus bisa menjaga berat badan agar kaki tidak terlalu berat menahan beban tubuh.Kandungan serat bekatul sangat tinggi , bagus dalam menjaga kesehatan usus sekaligus mengatur kadar gula pada penderita kencing manis (diabetes).

4. Ikan Laut

Khususnya makan ikan laut seperti salmon dan tuna karena ikan ini mengandung asam lemak omega-3 tingkat tinggi. Kandungan ini baik sekali untuk nutrisi tubuh dan menjaga tulang dalam tubuh terawat, dan selain itu makan secara rutin ikan laut dapat melindungi pengapuran sendi.

5.Jahe

Yang Anda perlu siapkan yaitu sepotong jahe kurang lebih 2.5 cm, 1 gelas air, dan kasa atau washlap bersih. Cara membuatnya, tambahkan jahe kedalam secangkir air, lalu didihkan air selama 5 menit setelah itu saring airnya.

Silahkan Komentar

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here