Khasiat dan Manfaat Daun Bidara untuk Kesehatan

- Advertisement -
- Advertisement -

befren.com – Khasiat daun bidara dalam Islam turut disebut dalam kitab suci Al-Quran. Daun bidara berasal dari tanaman bidara (Ziziphus Mauritiana) sejenis pohon kecil penghasil buah yang tumbuh di daerah kering. Tanaman ini juga disebut dalam Al-Quran di beberapa suratnya, salah satunya yang ada di surat Al-Waqi’ah;

“Dan golongan kanan, alangkah bahagianya golongan kanan itu (27). Berada di antara pohon bidara yang tak berduri (28),dan pohon pisang yang bersusun-susun (buahnya) (29),” (Q.S Al-Waqi’ah: 27-29).

Tanaman bidara memang sudah lama digunakan sebagai obat herbal. Hal ini karena salah satu tanaman penghuni surga tersebut mengandung senyawa alami yang memunculkan manfaat kesehatan yang beragam. Mulai dari melancarkan pencernaan, membangun imunitas, hingga bersifat antioksidan.

Manfaat Daun Bidara Bagi Kesehatan

Melansir dari laman Klikdokter, daun bidara kaya akan kandungan polifenol, siklopeptida alkaloid, saponin dammarane, vitamin, mineral, asam amino, serta asam lemak tak jenuh ganda. Selain itu, daun ini juga mengandung senyawa yang bersifat antimikroba, anti-inflamasi, hipoglikemik, antioksidan, serta memiliki efek imunomodulator yang baik untuk kesehatan.

1. Daun Bidara Bisa Mengontrol Gula Darah

Meminum air rebusan daun bidara secara rutin bisa membantu menurunkan dan menstabilkan kadar gula darah. Hal itu tentu menjadi obat yang baik untuk para penderita diabetes.

2. Turunkan Kolesterol

Selain kadar gula darah, sebuah penelitian dari Pakistan Journal of Nutrition menemukan pengaruh ekstrak daun bidara terhadap kadar kolesterol.

3. Sembuhkan Wasir

Wasir merupakan penyakit yang sangat menggangu para penderitanya. Mengonsumsi air rebusan daun bidara dan mengoleskan daun bidara secara langsung pada bagian anus yang bengkak bisa bantu mengatasi penyakit ini.

4. Percepat Penyembuhan Luka

Zat anti-inflamasi dan antibakteri yang ada dalam daun bidara bisa membantu mempercepat penyembuhan luka dan regenerasi kulit. Caranya dengan menghaluskan daun bidara hingga membentuk pasta dan oleskan para area luka secara perlahan.

5. Jaga Daya Tahan Tubuh

Daun bidara ternyata juga bisa membantu menjaga daya tahan tubuh dan menangani stres oksidatif. Hal ini berkat kandungan sapinin, flavonoid, da polisakarida yakni senyawa yang bertugas meningkatkan imunitas.

- Advertisement -
bella sika
bella sika
Dalam hidup, setiap masalah adalah pelajaran berharga. Setiap cobaan yg datang adalah proses pendewasaan diri

Latest news

Related news

- Advertisement -

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here