Kendalikan Hipertensi Dengan Olahraga Ini

0
295
views
Kendalikan Hipertensi Dengan Olahraga Ini

H

asil Survei Kesehatan Rumah Tangga menunjukkan prevalensi penyakit hipertensi atau tekanan darah tinggi di Indonesia cukup tinggi, yaitu 83 per 1.000 anggota rumah tangga. Pada umumnya perempuan lebih banyak menderita hipertensi dibandingkan dengan pria. Prevalensinya di daerah luar Jawa dan Bali lebih besar dibandingkan di kedua pulau itu.

Hal tersebut terkait erat dengan pola makan, terutama konsumsi garam, yang umumnya lebih tinggi di luar Pulau Jawa dan Bali.

Jadi, jika Anda mengalami penyakit hipertensi, olahraga menjadi salah satu kegiatan yang sangat dianjurkan untuk dilakukan secara rutin. Berikut adalah beberapa jenis olahraga yang bisa Anda jadikan pilihan:

1. Senam

Senam adalah olahraga yang aman, praktis, dan dapat Anda lakukan di mana saja. Bentuk olahraga aerobik ini baik untuk melenturkan berbagai otot di tubuh Anda.

Tak hanya itu, salah satu bentuk senam, yaitu yoga, bermanfaat dalam meningkatkan ketenangan, dan menurunkan tingkat stres yang juga penting dalam penanganan tekanan darah tinggi.

Mana yang jadi olahraga favorit Anda? Lakukan secara rutin dan teratur, sebanyak 3-5 kali seminggu dengan durasi 30-60 menit setiap berolahraga. Mulailah rutinitas berolahraga dengan mengikuti klub atau perkumpulan, agar Anda lebih semangat dalam berolahraga.

2. Bersepeda

Ketika bersepeda, Anda akan melakukan gerakan yang melibatkan otot-otot besar di bagian bawah tubuh. Olahraga ini juga membuat paru-paru bekerja lebih keras untuk mengumpulkan lebih banyak oksigen. Oleh karena itu, bersepeda adalah contoh olahraga aerobik yang baik untuk kesehatan jantung, yang juga dapat membantu menurunkan tekanan darah di dalam tubuh.

[artikel number=4 tag=”health” ]

3. Lari pagi

Lari adalah cabang olahraga atletik yang cukup populer, murah, dan mudah. Olahraga ini membuat jantung memompa darah lebih cepat, sehingga kesehatan organ tersebut juga bisa terjaga dengan baik.

Tak hanya itu, berlari juga memberikan manfaat baik pada kesehatan pembuluh darah. Hal ini pada akhirnya turut membawa efek positif pada tekanan darah di dalam tubuh Anda. Bahkan bila dilakukan secara rutin dan teratur, berlari juga dapat mengoptimalkan proses pembakaran kalori, sehingga Anda dapat mengalami penurunan berat badan.

4. Berenang

Berenang merupakan olahraga yang relatif aman dan terjangkau, sehingga sangat cocok untuk segala jenis usia. Olahraga jenis ini memiliki dampak positif untuk kesehatan jantung dan pembuluh darah.

Berenang dapat membakar kalori, namun tidak memberikan beban dan ketegangan pada sendi. Maka dari itu, olahraga ini baik untuk dilakukan oleh Anda yang memiliki masalah persendian. Penderita tekanan darah tinggi juga mendapatkan manfaat dari berenang, karena dapat membantu menurunkan tekanan darah.

Silahkan Komentar

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here