Kenali Siklus Haid yang Tidak Teratur

0
84
views

befren.com – Haid atau menstruasi? Siklus haid normal dihitung mulai dari hari pertama menstruasi selesai sampai periode bulan berikutnya. Menstruasi tidak lancar atau dikatakan tidak teratur apabila siklus terjadi kurang dari 21 hari atau lebih dari 35 hari. Selain itu menstruasi dikelompokkan tidak lancar bila lamanya menstruasi berubah-ubah setiap bulannya.

Berikut timbulnya haid yang tidak lancar ada beberapa yang patut kalian ketahui.

1. Sedang stres

Stres dapat memicu gangguan stres

Apabila sedang mengalami banyak beban pikiran yang berat ternyata ikut memengaruhi siklus menstruasi. Ketika kamu sedang dalam keadaan stres atau depresi, hypothalamus, yakni bagian otak yang mengatur hormon siklus haid ikut terpengaruh. Sehingga, saat stres, hormon pengatur jadi tidak seimbang dan haid pun jadi tidak teratur.

2. Apakah ada perubahan berat badan

Perubahan berat badan dapat memicu haid tidak lancar
Perubahan berat badan dapat memicu haid tidak lancar

Kadang kita tidak memikirkan bahwa perubahan berat badan seperti naik atau turunnya berat badan secara drastis juga jadi penyebab siklus haid yang tidak teratur. Biasanya, siklus yang tidak teratur terjadi pada orang yang mengalami gangguan pola makan.

3. Menggunakan alat kontrasepsi

Penggunaan alat kontrasepsi
Penggunaan alat kontrasepsi

Penggunaan pil kontrasepsi dalam dosis rendah memang tidak terlalu memengaruhi siklus haid. Tapi, alat kontrasepsi seperti spiral dan suntik KB bisa menyebabkan seseorang telat mendapatkan haid. Bahkan alat seperti spiral bisa juga menyebabkan darah keluar lebih banyak dari biasanya saat haid.

4. Hormon yang tidak seimbang

Hormon yang tidak seimbang
Hormon yang tidak seimbang

Ini merupakan penyebab utama siklus haid yang tidak teratur. Ketidakseimbangan hormon pun bisa disebabkan oleh berbagai hal seperti kelelahan atau stres. Ketika terjadi gangguan pada hormon di dalam tubuh, maka siklus haid pun ikut terganggu.

5. Gaya hidup yang kurang sehat

Ilustrasi merokok tidak baik, dan akhirnya harus disingkirkan
Ilustrasi merokok tidak baik, dan akhirnya harus disingkirkan

Merokok dan sering mengonsumsi alkohol ternyata tidak hanya mengganggu kesehatan, tapi juga dapat mengacaukan siklus haidmu lho. Ini karena gaya hidup tersebut bisa memengaruhi kesehatan sehingga siklus haid juga bisa tidak stabil.

6. Olahraga berlebihan

Jangan olahraga berlebihan
Jangan olahraga berlebihan

Olahraga memang wajib dan baik untuk dilakukan, tapi tidak jika dilakukan berlebihan. Saat melakukannya secara berlebihan, tubuh akan menghasilkan hormon-hormon yang berlawanan dengan hormon reproduksi yaitu estrogen dan progesteron.

7. Pertanda ada penyakit serius

7 Hal Ini Bisa Jadi Penyebab Siklus Haid yang Tidak Teratur

Siklus haid yang tidak teratur bisa jadi pertanda jika kamu mengidap penyakit yang serius. Salah satunya adalah ovarium polikistik, dimana hal ini ditandai dengan timbulnya kista kecil dalam indung telur yang  menyebabkan ketidakseimbnagan hormon.

Silahkan Komentar

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here