Gerakan Yoga untuk Wanita yang Berbadan Gemuk, Serta Bisa Melangsingkan Tubuh

0
82
views

befren.com – Tujuan dari yoga adalah mengontrol pikiran kita (mind) kepada suatu objek dan terbebas dari berbagai ganggungan disekitar kita (distractions). Selain itu, yoga bermanfaat untuk kesehatan, yoga juga bisa dipraktekkan untuk mengencangkan kulit kendor, mengencangkan bokong, dan ada juga yoga untuk memperindah dada.

Jika tubuh bugar dan sehat, pancaran kecantikan yang keluar diri kita akan tampak lebih memukau. Biasanya orang yang bertubuh plus banyak tertimbun lemak, yang membuat  malu dan minder,  tubuh gemuk juga berpotensi  adanya penyakit kronis yang mudah datang.

Perempuan bertubuh plus terkadang ragu melakukan olahraga tertentu, seperti lari, bersepeda, atau senam. Salah satu jenis latihan fisik yang bisa jadi pilihan kali ini adalah yoga.

Beberapa gerakan yoga terbilang mudah diikuti dan cocok buat pemula, termasuk kamu yang bertubuh plus. Simak beberapa gerakan yoga berikut dan cobalah di rumah.

1. Cat-cow pose

Cat-cow pose (avocadu)

Cat-Cow pose sangat baik untuk memberikan keseimbangan pinggang belakang.  Pose ini memberikan fleksibilitas pada tulang belakang dan selalu di rekomendasikan untuk penyembuhan sakit pinggang. Cat-Cow pose juga dikatakan sebagai awal pemanasan untuk mempersiapkan posisi yang lebih advance. Mulailah dengan meletakkan tangan dan lutut pada matras yoga. Posisi lutut harus tegak lurus dibawah pinggang dan telapak tangan dibawah bahu. Jagalah tulang pelvis dan ekor tegak lurus dan gunakan otot perut untuk menunjang tulang belakang seperti membentuk huruf U terbalik dengan posisi kepala menunduk.

Cat-cow pose (avocadu)

Setelah itu tekan dada dan tulang ekor lalu lengkungkan tulang punggung seperti huruf U. Lakukan gerakan tersebut sebanyak 20 kali.

2. Half Lord of the pishes

Half Lord of the pishes (avocadu)

Gerakan half lord of the fishes atau ardha matsyendrasana dapat melatih kelenturan tubuh terutama di bagian bahu, pinggang dan leher, serta memperlancar saluran cerna serta menstimulasi kerja ginjal dan hati. Latihan ini juga dapat mengurangi stres.

Caranya, ambil posisi duduk dengan kaki kanan ditekuk ke atas dan kaki kiri ditekuk di bagian bawah. Kemudian letakkan kaki kanan di sebelah kiri lutut kiri dan tangan di sisi samping tubuh. Tahan selama satu menit dan lakukan pada sisi tubuh sebaliknya.

3. Bridge pose

Bridge pose (avocadu)

Bridge pose gerakan yang begitu direkomendasikan untuk kecantikan serta kesehatan reproduksi wanita. Karena pose ini mengaktifkan organ-organ disekitar alat reproduksi, yaitu di bawah perut area V dengan bokong bekerja lebih maksimal.

Gerakannya dimulai dari berbaring kemudian menekuk lutut serta mengangkat bokong ke atas. Posisikan kedua tangan di sisi samping tubuh kemudian tahan selama 30 detik sampai 1 menit.

4. Warrior II pose

Warrior II pose (avocadu)

Virabhadrasana II atau warrior II dilakukan dalam posisi berdiri. Tekuk kaki kiri sebanyak 90 derajat sementara kaki kanan lurus ke belakang.

Rentangkan tangan. Tahan selama 1 menit dan lakukan pada sisi sebaliknya. Gerakan ini bermanfaat untuk memperkuat otot paha dan bokong serta mencegah sakit punggung.

5. Tree pose

Tree pose (avocadu)

Gerakan Tree Pose yang satu ini sangat mudah dilakukan hanya dengan mengangkat satu kaki secara bergantian fungsinya sebagai membangunkan kondisi tubuh yang malas. Sangat efektif sekali untuk memperkuat kaki dan konsentrasi tubuh

Sementara kedua tangan disatukan di depan dada seperti bertapa. Lakukan selama 30 detik sampai 1 menit untuk melatih keseimbangan, fokus, konsentrasi, dan kekuatan kaki.

6. Pigeon pose

Pigeon pose (avocadu)

Berguna mengembalikan fleksibilitas otot pinggul yang kaku karena duduk terlalu lama. Pertama tubuh dalam posisi push up, letakkan tangan dibawah bahu, letakkan lutut kiri di lantai dengan posisi dekat dengan bahu, tempelkan tumit kiri pada pinggul kanan tekan tangan ke lantai, kemudian duduk dengan posisi dada terangkat

Adapun manfaat dari gerakan pigeon pose adalah mengurangi tumpukan lemak pada perut dan membesarkan dada

 

Silahkan Komentar

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here