Dampak Orang Dewasa yang Selalu Minum ASI

0
950
views
Ilustrasi ibu menyusui bayinya

A

SI adalah susu yang diproduksi oleh manusia untuk konsumsi bayi dan merupakan sumber gizi utama bayi yang belum dapat mencerna makanan padat.

ASI diproduksi karena pengaruh hormon prolaktin dan oksitosin setelah kelahiran bayi. Air susu ibu pertama yang keluar disebut kolostrum atau jolong dan mengandung banyak immunoglobulin IgA yang baik untuk pertahanan tubuh bayi melawan penyakit.

Kadang ibu tidak dapat menyusui anaknya, dikarenakan air susunya tidak keluar dan lain sebagainya maka dari itu harus digantikan oleh air susu dari orang lain atau susu formula khusus. Perlu di ingat bahwa susu sapi tidak cocok untuk bayi sebelum berusia 1 tahun.

Kita telah membahas tentang ASI untuk bayi, yang dipermasalahkan sekarang adalah bagaimana jika ASI diminum oleh orang dewasa? Ada sebagian orang dewasa yang mungkin memiliki fetish seks untuk minum ASI pasangannya. Lissa akan bahas secara pendek apa itu fetish seks. fetish merupakan gangguan psikologi seseorang terkait hasrat seksnya yang tidak normal. Namun, ada juga yang menganggap hal ini adalah normal selama pasangan seks Anda bisa diajak kerjasama di atas ranjang dan tidak menyakiti pasangan. Ok nanti Lissa akan bahas lebih detail lgai tentang masalah fetish seks.

Ilustrasi ibu menyusui

Sekarang kita kembali lagi ketopik pembicaraan. Apakah kalian sudah tahu
kandungan apa saja yang terdapat dalam ASI?

[artikel number=4 tag=”health” ]

Berikut ini adalah beberapa kandungan utama ASI yang sebaiknya Ibu tahu:

 

1

 LAKTOSA

adalah jenis karbohidrat utama yang terkandung dalam ASI dan berperan penting dalam memberikan energi bagi si Kecil . Selain itu laktosa juga akan diolah menjadi glukosa dan galaktosa yang penting bagi perkembangan sistem syaraf. Zat gizi ini membantu penyerapan kalsium dan magnesium di masa pertumbuhan bayi.

2

LEMAK

adalah zat gizi terbesar kedua pada ASI dan merupakan sumber energi utama bayi yang juga berperan dalam pengaturan suhu tubuh bayi. Lemak di ASI mengandung komponen asam lemak esensial yaitu: asam linoleat dan asam alfa linolenat yang akan diolah oleh tubuh bayi menjadi AA dan DHA. AA dan DHA sangat penting untuk perkembangan otak dan kecerdasan bayi Ibu.

3

OLIGOSAKARIDA

Merupakan salah satu jenis karbohidrat dan merupakan zat gizi terbesar ketiga dalam ASI. Zat ini terbukti mampu meningkatkan jumlah bakteri sehat yang secara alami hidup dalam sistem pencernaan bayi. Ingat lho, Bu, pencernaan yang sehat sangat penting untuk tumbuh kembang bayi pada tahap-tahap selanjutnya.

4

PROTEIN

ASI juga mengandung komponen dasar dari protein yaitu asam amino, yang berfungsi sebagai pembentuk struktur otak. Beberapa jenis asam amino tertentu, yaitu taurin, triptofan, dan fenilalanin merupakan senyawa yang berperan dalam proses ingatan.
Komposisi zat utama dalam ASI:
1. Laktosa- 7gr/100ml.
2. Lemak- 3,7-4,8gr/100ml.
3. Oligosakarida- 10-12 gr/ltr.
4. Protein- 1.2 – 1.3 gr/ 100 ml.

Seorang peneliti asal Swedia berencana melakukan uji coba untuk membandingkan antara manfaat HAMLET dengan plasebo terhadap pasien kanker. Sebab mereka meyakini senyawa tersebut juga akan berpotensi menyembuhkan jenis kanker lain seperti kanker usus dan serviks.

Apa boleh orang dewasa minum ASI?

Tidak ada larangan. Boleh saja jika Anda ingin coba minum ASI, asalkan dengan pasangan masing-masing, namun secara medis tidak memberikan manfaat bagi tubuh karena sudah tidak lagi memenuhi kebutuhan nutrisi yang dibutuhkan oleh orang dewasa.

Hal terpenting yang perlu diperhatikan adalah tidak terjadi penularan penyakit virus seperti herpes atau jamur di mulut kepada bayi Anda akibat puting istri terhisap oleh Anda.

Silahkan Komentar

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here