Contoh Makanan Untuk Diet yang Simple dan Sehat

0
120
views
Contoh Makanan Untuk Diet yang Simple dan Sehat

befren.com – Diet sebagai salah satu jalan untuk mendapatkan kualitas kesehatan yang lebih baik, terutama bagi mereka yang mengalami gangguan kesehatan atau berkiatan dengan tindakan medis, maupun hanya sekedar memperbaiki penampilan.

Namun pada dasarnya, selain alasan kesehatan, upaya untuk menurunkan berat badan menjadi alasanya yang kerap banyak diutarakan orang. Menurunkan berat badan adalah menjalani pola makan atau diet yang sehat. Meski begitu, program penurun berat badan ini tidak semudah kedengarannya.

Salah strategi justru dapat menjadi bumerang bagi berat badan. Itu sebabnya, panduan pola makan sehat guna mengurangi berat badan perlu diterapkan. Berikut contoh makanan untuk diet yang sehat.

1. Pisang

Pisang baik dikonsumsi oleh orang yang sedang diet. Satu pisang yang berukuran sedang mengandung setidaknya 100 kalori dan 3 gram serat makanan. Hal itu baik untuk memenuhi perut yang sedang kosong saat pagi, mencegah keinginan ngemil, juga menjaga agar kebutuhan nutrisi terpenuhi.

2. Oatmeal

Oatmeal tinggi serat sehingga membuat rasa kenyang lebih lama. Hal ini sangat berguna bagi seseorang yang ingin menurunkan berat badan. Menurut penelitian, sarapan yang dibuat dengan karbohidrat, seperti oatmeal atau sereal 3 jam sebelum olahraga, bisa membantu membakar lemak di tubuh. Makan oatmeal saat sarapan sangat baik untuk seseorang yang ingin menurunkan berat badan.

3. Madu lemon

Madu dan lemon terkenal baik untuk pencernaan dan kekebalan tubuh. Menu sarapan pagi simple ini baik dikonsumsi saat perut benar-benar kosong. Madu dan lemon membantu meningkatkan metabolisme dan dapat menurunkan berat badan.

4. Telur

Protein dalam telur membuat kenyang lebih lama dan cepat menurunkan berat badan dibandingkan karbohidrat dan lemak. Kuning telur kaya nutrisi seperti kalsium dan antioksidan. Telur pun memberikan manfaat baik bagi mata karena mengandung lutein dan zeaxanthin.

5. Yoghurt

Protein dalam yoghurt mampu menurunkan berat badan, membuat kenyang lebih lama, hingga berguna membangun otot tubuh.

6. Kacang-kacangan

Sejumlah jenis kacang-kacangan yang dianjurkan untuk menu sarapan sehat untuk diet adalah kacang almond, kedelai, polong, kacang hijau, dan lainnya yang mudah Anda dapatkan di pasar. Kacang-kacangan kaya serat dan nutrisi, mineral, serta protein nabati.

7. Pepaya

Pepaya tinggi serat dan membantu mengusir timbunan lemak di tubuh. Enzim papain dalam pepaya menjaga kesehatan usus sekaligus membantu meningkatkan fungsi pencernaan sepanjang hari.

8. Apel

Buah apel tinggi vitamin A, C, dan mengandung sejumlah mineral serta potasium. Kandungan serat yang tinggi membantu mengatasi sembelit dan menjaga sistem pencernaan sehat. 7. Timun Timun bisa Anda campurkan ke salad. Kandungan enzim yang disebut erepsin dapat membantu menjaga pencernaan tetap sehat. Efek dari kandungan timun juga dapat membantu mengatasi asam lambung, gastritis, serta tukak lambung.

9. Raspberi

Menu sarapan sehat selanjutnya adalah raspberi, Mengonsumsi raspberi selain baik untuk tubuh juga membantu menurunkan berat badan. Secangkir raspberi menghasilkan 8 gram serat. Hal tersebut dua kali lipat dari jumlah yang ada pada secangkir stroberi dan jenis kacang-kacangan lain. Penelitian yang dimuat di Journal of Nutrition menunjukkan, makan lebih banyak serat berguna mencegah penambahan berat badan bahkan mendorong penurunan berat badan.

10. Selai kacang

Menu sarapan pagi simple untuk diet selanjutnya adalah selai kacang. Selai kacang membantu menurunkan berat badan, demikian menurut laporan yang diterbitkan di New England Journal of Medicine dan Harvard. Selai kacang memberikan lemak sehat, serat, dan protein yang baik bagi badan. Selai kacang mengandung kurang dari 200 kalori, 7 gram protein, dan 2 gram serat. Hal itu sangat baik untuk menjaga bentuk tubuh.

Silahkan Komentar

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here