Cegah Mata Katarak dari Sekarang

0
308
views

befren.com – Orang yang terkena katarak biasanya akan mengalami kesulitan untuk berinteraksi dengan orang lain. Penyakit yang disebabkan oleh kekeruhan pada lensa mata itu makin lama makin menurunkan penglihatan, sehingga dapat menurunkan kualitas hidup penderitanya. Faktor utamanya adalah usia. Penyakit mata ini disebabkan oleh proses penuaan yang mendorong adanya perubahan pada lensa mata yang mengeruh atau buram.

Namun, saat usia menginjak 60-an, penyakit ini bisa menyebabkan masalah penglihatan serius.

1. Adanya lingkaran cahaya pada mata
Saat lensa mata mengeras dan menjadi keruh, penderita bakal melihat tampakan lingkaran cahaya di bidang penglihatannya. Cahaya yang melewati katarak terdifraksi, menyebabkan silau dan ikal di sekitar sumber cahaya yang terang. Hal ini biasanya akan terjadi pada malam hari.

2. Sensitivitas cahaya meningkat
Orang yang menderita katarak bakal merasa tidak nyaman dengan cahaya terang.

Konsultasikan dengan dokter mata jika cahaya terang membuat Anda harus menyipitkan atau menutup mata, bahkan hingga mengalami sakit kepala.

3. Penglihatan buram
Salah satu tanda paling jelas dari katarak tahap awal adalah munculnya bintik-bintik kabur yang hadir di bidang penglihatan Anda.

Awalnya biasa saja, bahkan tak terlalu kentara. Namun, seiring waktu berjalan, bintik-bintik itu akan memburuk dan mengganggu kegiatan sehari-hari.

Jika Anda mengalami hal demikian, ada baiknya jika Anda mengunjungi dokter mata sesegera mungkin.

4. Kesulitan melihat di malam hari
Pasien katarak tahap awal juga bakal melaporkan menurunnya kemampuan penglihatan di malam hari. Katarak sering menyebabkan penglihatan si penderita menggelap dan meredup.

Perubahan awal ini mungkin tak akan terlihat pada siang hari lantaran cukupnya cahaya yang mengimbangi penglihatan redup.

Kapan operasi katarak perlu dilakukan?

Pada katarak tahap awal, biasanya hal tersebut masih bisa ditangani dengan pengaturan lensa mata yang sesuai. Akan tetapi, jika kekeruhan terus bertambah dan meluas hingga ke seluruh bagian lensa mata, gangguan penglihatan akan tetap terjadi meskipun sudah menggunakan kacamata.

Apabila gangguan penglihatan sudah sampai mengganggu aktivitas sehari-hari, maka operasi perlu dilakukan untuk memperbaiki penglihatan. Beberapa pertanyaan yang dapat menjadi tolok ukur perlunya operasi katarak adalah:

  • Apakah Anda gemar membaca, memasak, atau menjahit, dan kegiatan tersebut menjadi terganggu karena penglihatan yang kabur?
  • Apakah Anda merasa sulit melihat dengan jelas, terutama di malam hari?
  • Apakah Anda sering menyetir dan merasa sulit melihat jelas saat menyetir?
  • Apakah Anda mudah merasa silau saat terkena sinar matahari atau sumber cahaya lainnya?

Jika jawabannya “ya”, kemungkinan besar operasi katarak perlu dilakukan. Kendati demikian, meski 90 persen penderita katarak akan mengalami perbaikan fungsi penglihatan pasca operasi, katarak yang disertai glaukoma, tidak selalu memerlukan operasi karena risiko operasinya besar.

Operasi katarak biasanya berlangsung cepat, tak lebih dari satu jam, dan tidak menimbulkan nyeri selama operasi berlangsung. Dokter spesialis mata biasanya akan mengangkat lensa mata yang sudah buram dan menggantinya dengan lensa artifisial (intraocular lens).

Silahkan Komentar

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here