Cara Tepat Mengatasi Sesak Nafas di Rumah

0
6535
views

befren.com – Pada dasarnya, saluran pernapasan terbagi dua. Pertama, saluran pernapasan atas meliputi bagian mulut, hidung, dan tenggorokan. Kedua, saluran pernapasan bawah termasuk bronkus dan paru-paru.

Sesak napas dapat muncul tiba-tiba, terjadi sementara, dan mereda dengan cepat. Kondisi ini disebut juga sebagai sesak napas akut, membuat penderitanya merasakan seolah terikat di bagian dadan dan seperti tercekik. Berikut cara mengatasi sesak nafas di rumah.

1. Bernapas lewat mulut

Bernapas lewat mulut adalah cara sederhana dan cepat untuk mengatasi sesak napas. Menarik dan membuang napas lewat mulut memungkinkan Anda mengambil udara lebih banyak, sehingga setiap embusan napas Anda lebih dalam dan efektif. Membuang napas lewat mulut juga dapat membantu melepaskan udara yang terperangkap di paru-paru.

Namun, melegakan pernapasan dengan cara ini tidak bisa sembarangan. Berikut cara bernapas lewat mulut untuk mengatasi gejala sesak napas.

  • Lemaskan otot bahu dan leher Anda.
  • Perlahan-lahan ambilah napas dari hidung tahan selama beberapa detik.
  • Kerucutkan bibir seolah-olah Anda akan bersiul bersiul.
  • Buang napas secara perlahan lewat mulut.

Anda dapat menggunakan cara ini kapan saja setiap kali mengalami sesak napas. Terutama setiap kali habis mengangkat benda berat, naik tangga, membungkuk, dan lain sebagainya.

2. Mengonsumsi jahe segar

Mengonsumsi jahe segar dengan menambahkan air hangat sebagai minuman, dapat membantu mengatasi sesak napas, yang disebabkan oleh infeksi pernapasan.Sebuah studi telah menunjukkan, jahe efektif dalam memerangi virus yang menjadi penyebab umum infeksi saluran pernapasan. Tak hanya dapat diminum oleh orang dewasa, anak anak juga dapat mengonsumsi minuman jahe.

3. Melakukan gaya hidup sehat

Dalam mengatasi sesak napas, Anda juga harus melakukan perubahan dalam gaya hidup. Hal ini juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan pernapasan. Terdapat beberapa hal yang dapat Anda lakukan dalam melakukan gaya hidup sehat, di antaranya:

  • Berhenti merokok dan hindari asap tembakau.
  • Hindari paparan polusi, alergan maupun racun.
  • Turunkan berat badan jika Anda kelebihan berat badan atau obesitas.
  • Rutin berolahraga untuk meningkatkan kebugaran.
  • Menjaga kesehatan dengan mengonsumsi makanan yang baik, tidur dengan cukup, dan menemui dokter jika terdapat masalah kesehatan.
  • Mengikuti rencana perawatan yang direkomendasikan oleh dokter jika Anda memiliki penyakit yang mendasari terjadinya sesak napas, seperti asma, penyakit paru obstruktif kronis, bronkitis, dan lainnya.

4. Bersandar Pada Dinding

Berdiri juga dapat membantu merilekskan tubuh dan saluran udara kamu. Berdirilah di dekat dinding, hadap jauh, dan letakkan pinggul di dinding.

Pisahkan kedua bahu selebar bahu, dan letakkan kedua tangan di paha.

Dengan bahu kamu rileks, condongkan tubuh sedikit ke depan, dan gantungkan lengan kamu di depan kamu.

5.Pernapasan Diafragma

Pernapasan diafragma juga dapat menjadi cara mengatasi sesak napas. Caranya, Anda cukup duduk di kursi, lalu rilekskan lutut, bahu, kepala, dan leher. Letakan satu tangan Anda di depan perut, dan satu lagi di depan dada. Bernapaslah dengan perlahan melalui hidung, hingga tangan Anda merasakan perut Anda bergerak saat bernapas. Saat Anda mengembuskan napas, kencangkan otot perut. Buanglah napas perlahan melalui mulut dengan bibir mengerucut. Beri penekanan lebih pada embusan napas dibandingkan saat menghirupnya. Jaga agar mengembuskan napas lebih lama dari biasanya, sebelum perlahan menghirup napas lagi. Ulangi sekitar lima menit.

Silahkan Komentar

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here