Cara Mengobati Sengatan Lebah dengan Ampuh

0
341
views

befren.com – Sengatan lebah tidak berbahaya dan dapat diatasi secara mandiri di rumah. Akan tetapi, bagi orang yang memiliki alergi terhadap sengatan lebah, reaksi alergi yang muncul bisa cukup berat dan bahkan berpotensi mengancam nyawa bila tidak segera ditangani.

Tersengat lebah atau tawon tentu membuat kita tidak nyaman karena menimbulkan nyeri dan gatal-gatal. Reaksi lebih parah akan terjadi pada seseorang yang memiliki alergi.

Berikut adalah sejumlah gejala yang akan dialami seorang yang memiliki alergi ketika disengat lebah:

  • Sulit menelan
  • Sesak nafas; hingga
  • Hilang kesadaran
  • Kulit pucat
  • Pusing
  • Mual, muntah, dan diare
  • Muka bengkak

Jika sengatan menimbulkan reaksi ringan, kamu hanya akan merasa panas pada area yang disengat selama beberapa jam. Selain itu, akan timbul bentol atau bengkak selama beberapa hari pada bagian tubuh yang disengat lebah. Jika reaksi ringan terjadi, kamu tidak perlu pergi ke dokter, karena bisa mengikuti sejumlah cara mengobati sengatan lebah berikut ini!

Cara mengobati sengatan lebah terampuh

Madu

Madu juga bisa digunakan sebagai obat disengat tawon atau lebah. Jika sudah memiliki madu di rumah, cukup oleskan sedikit madu ke bagian yang telah disengat lebah atau tawon. Kemudian, balutlah bagian yang disengat tersebut menggunakan perban. Namun, ikatan perban tersebut harus sedikit longgar dan biarkan selama satu jam. Madu dipercaya mempercepat penyembuhan luka dan gatal-gatal.

Soda Kue

Mengoleskan krim atau pasta yang terbuat dari soda kue atau baking soda dan air dipercaya dapat membantu menetralkan racun dari sengatan lebah.

  • Langkah pertama dalam menggunakannya, campurkanlah soda kue dengan air secukupnya, kemudian oleskan ke bagian yang disengat lebah.
  • Setelah itu, tutuplah bagian yang disengat tersebut menggunakan perban.
  • Biarkan selama 15 menit hingga bagian yang disengat tersebut mengering.
  • Campuran soda kue dan air dipercaya dapat menetralkan racun lebah.

Minyak Esensial Lavender

Salah satu cara mengobati sengatan lebah secara alami adalah dengan menggunakan minyak esensial lavender. Campurkanlah minyak esensial lavender dengan minyak lain, semisal minyak kelapa atau minyak zaitun. Kemudian, oleskan campuran minyak tersebut pada bagian tubuh yang disengat lebah.

Minyak lavender dipercaya memiliki anti-inflamasi yang dapat meringankan pembengkakan akibat sengatan lebah.

Minyak Pohon Teh

Cara mengobati sengatan lebah menggunakan minyak pohon teh sama dengan penggunaan minyak lavender. Kamu harus mencampurkan minyak pohon teh dengan minyak lain, semisal minyak kelapa atau minyak zaitun.

Kemudian, oleskanlah campuran minyak tersebut pada bagian yang disengat lebah. Kandungan antiseptik pada minyak pohon teh dipercaya dapat meredakan sakit akibat sengatan lebah.

Menggunakan Sabun dan Air

Cara lainnya untuk mengatasi sengatan lebah adalah menggunakan sabun dan air. Cucilah bagian yang disengat lebah menggunakan sabun dan air untuk mengeluarkan racun. Kemudian, kompres bagian yang disengat menggunakan kain yang telah direndam di air dingin. Pengompresan ini dapat meredakan nyeri dan pembengkakan.

Cuka Apel

Selain dikonsumsi sebagai minuman penurun berat badan, cuka apel juga bisa digunakan sebagai obat disengat lebah. Pasalnya, air cuka dipercaya dapat mengeluarkan racun lebah dari dalam tubuh.

Cara menggunakannya adalah dengan merendam kain dalam cuka apel. Kemudian kompreslah bagian yang disengat lebah menggunakan kain tersebut. Biarkan kompres membalut bagian tubuh yang disengat lebah selama 15 menit.

Menggunakan Pasta Gigi

Salah satu cara mengobati sengatan lebah yang paling efektif adalah dengan mengoleskan pasta gigi ke bagian tubuh yang disengat lebah.

Setelah mengoleskan pasta gigi, biarkan pasta gigi tersebut menempel di bagian tubuh yang tersengat lebah selama beberapa menit sampai mengering.

Silahkan Komentar

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here