Cara Menghindari Mata Panda dengan Tepat

0
107
views

befren.com – Cara paling mudah agar tak mendapatkan mata panda tentu saja dengan menghindari atau setidaknya mengetahui penyebab lingkaran hitam. Apa saja itu? Berikut ini beberapa aktivitats yang memicu kemunculan mata panda.

1. Genetik

Lingkaran hitam di mata juga bisa diturunkan dalam keluarga. Selain itu, orang yang memiliki kulit lebih gelap juga lebih berisiko mengalami mata panda.

2. Faktor usia

faktor yang satu ini memang tak dapat dihindari. Namun, akan lebih baik untuk menjaga kesehatan mata pada usia yang semakin renta. Sebab, seiring bertambahnya usia, kulit menjadi semakin tipis.

Perlahan-lahan, kulit juga mulai kehilangan elestasitasnya. Saat keadaan ini terjadi, pembuluh darah di bawah mata semakin terlihat jelas sehingga menyebabkan mata panda.

3. Tidur yang cukup

Dengan tidur yang cukup, maka darah akan mengalir dengan baik ke otak. Sebaliknya, jika kurang tidur, maka sirkulasinya akan terganggu. Alhasil, darah yang terkumpul di bawah mata dapat terlihat, karena kulit di daerah ini sangat tipis.

Selain itu, kurang tidur juga membuat mata menjadi tampak bengkak. Karena kurang tidur dapat menyebabkan tubuh menjadi lelah, maka penampilan wajah pun dapat menjadi kusam dan muncullah lingkaran hitam tersebut.

4. Kurangi kebiasaan menatap layar

Menatap layar televisi, komputer, atau telepon genggam dalam waktu lama dapat mengakibatkan ketegangan pada mata. Ketegangan ini menjadikan pembuluh darah di sekitar mata membesar. Akibatnya, kulit di sekitar mata menjadi gelap.

5. Dehidrasi

Dehidrasi juga dapat menjadi penyebab mata panda. Ketika tubuh kekurangan air, kulit di bawah mata akan terlihat cekung dan sayu.

6. Hindari rokok dan minuman alalkohol

Gaya hidup yang tidak baik, seperti kebiasaan merokok dan mengonsumsi alkohol, juga dapat menyebabkan mata panda karena menumpuknya cairan di dalam tubuh.

Efek mengonsumsi alkohol dan merokok lama kelamaan dapat membuat aliran darah di kulit wajah menjadi tidak lancar sehingga lingkar mata terlihat lebih gelap seperti mata panda.

7. Paparan sinar matahari

Paparan sinar matahari dapat memicu tubuh memproduksi lebih banyak melanin atau pigmen penggelap kulit. Paparan sinar matahari yang mengenai mata dapat menyebabkan pigmentasi di kulit sekitar mata, sehingga warnanya menjadi lebih gelap.

8. Hindari penyebab alergi

Reaksi alergi dan mata kering dapat memicu lingkaran hitam. Ketika mengalami alergi, tubuh akan melepaskan histamin sebagai respons terhadap pemicu alergi.

Histamin dapat menyebabkan pembuluh darah membesar dan menjadi lebih terlihat, termasuk yang berada di bawah mata.

Silahkan Komentar

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here