Cara Mengatasi Puting Gatal Saat Menyusui Si Kecil

0
164
views

befren.com – Hal yang sangat mengganggu bagi para ibu yang telah melahirkan adalah saat puting payudara merasa gatal.  Ternyata ada beberapa faktor. Pertama bisa diakibatkan oleh kulit kering dan lain-lain. Sayangnya, menyusui bukanlah perkara mudah seperti yang kalian bayangkan.

Untuk mengobati puting gatal, sebenarnya bisa dilakukan dengan beberapa cara sesuai dengan penyebabnya.

Penyebab dan cara mengatasi puting gatal

Berikut adalah penyebab puting gatal saat menyusui dan cara terbaik untuk mengatasinya:

  • Posisi menyusui yang salah

Jika Anda memaksakan bayi menyusu dalam posisi yang salah, tidak hanya puting saja yang akan terasa tidak nyaman, tapi bayi juga akan mengalami hal yang sama. Bayi akan rewel, tidak bisa diam dan menangis.

Menyusui dengan posisi yang salah dalam jangka waktu lama juga akan memperburuk kondisi puting. Berdasarkan penuturan dr. Sara, puting akan terasa kering, gatal dan iritasi. Jika hal ini sampai terjadi, Anda dianjurkan untuk berkonsultasi lebih lanjut pada dokter atau ahli laktasi.

  • Iritasi pada kulit payudara

Adanya iritasi pada kulit payudara adalah penyebab utama keluhan puting gatal. Iritasi biasanya terjadi akibat puting yang ‘kaget’ karena disedot oleh bayi untuk pertama kalinya.

Kondisi akan diperparah jika ibu sudah memiliki keluhan penyakit kulit sebelum melahirkan.

Tapi, tenang saja, rasa sakit dan gatal akibat hal tersebut hanya berlangsung sementara. Menurut dr. Sara, ketika ibu sudah terbiasa menyusui si Kecil, rasa gatal atau sakit pada puting bisa hilang dengan sendirinya.

“Sebagai alternatif pengobatan, Anda bisa mengoleskan cairan ASI pada puting agar terasa lebih lembap dan tidak kering. Selain itu, Anda juga bisa mengoleskan gel atau losion khusus agar jaringan yang ada di sekitar puting payudara agar lebih lembap, tidak tegang atau kering,” ujar dr. Sara.

  • Mastitis

Mastitis adalah peradangan di jaringan payudara yang dalam dan biasanya disebabkan oleh bakteri.

Mastitis dapat muncul tiba-tiba, seringkali di minggu-minggu awal menyusui. Mastitis juga bisa menyebabkan rasa gatal dan nyeri baik pada kulit dan di dalam jaringan payudara.

Beberapa perempuan mengalami sensasi perih dan payudaranya mungkin terasa hangat saat disentuh.

Tak cuma itu, mastitis juga bisa menyebabkan demam tinggi. Biasanya, dokter akan meresepkan antibiotik penanganan mastitis.

  • Dermatitis kontak

Dermatitis kontak adalah rasa sakit dan gatal yang terjadi setelah terpapar iritasi kulit.

Beberapa Mama mengalami dermatitis kontak di puting pada minggu-minggu awal menyusui ketika tubuh menyesuaikan diri dengan kontak yang sering dengan mulut bayi.

Ketika seorang Mama mengalami dermatitis kontak, gatal hanya akan terjadi pada bagian puting yang bersentuhan dengan mulut bayi. Terkadang putingnya menjadi merah atau bersisik.

Jika keluhan puting gatal saat menyusui tidak kunjung membaik, jangan sungkan untuk berkonsultasi pada dokter untuk mendapatkan penanganan yang lebih tepat. Jangan langsung panik atau berhenti menyusui karena puting terasa sakit atau gatal. Ingat, ASI adalah asupan terbaik bagi bayi yang hanya akan didapat dari payudara ibu!

Silahkan Komentar

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here