Cara Mengatasi Perut Kembung

0
105
views

befren.com – Perut kembung biasanya ditandai dengan perasaan penuh pada perut, kencang, atau mengembang yang terkadang dibarengin rasa sakit.

Jika perut kembung umumnya orang langsung mencari pengobatan medis, termasuk konsumsi obat. Padahal, ada cara-cara alami yang bisa dicoba untuk mengatasi kondisi tersebut.

1. Kompres air panas

Jika Anda sedang punya banyak waktu luang di rumah, tidak ada salahnya untuk mencoba cara mengatasi perut kembung yang satu ini.

Rendam waslap atau kain bersih dalam satu baskom air panas, kemudian peras kelebihan airnya. Tempelkan kompres panas tersebut selama 10-15 menit di atas perut untuk meredakan rasa nyeri dan kram.

Cara lainnya, bisa dilakukan dengan mengisi botok plastik dengan air panas dan balut dengan handuk tipis. Selanjutnya, tempelkan di atas perut seperti sebelumnya.

Suhu hangat dapat membantu melebarkan pembuluh darah, sehingga darah pembawa oksigen bisa mengalir dengan lancar. Bukan hanya itu. Otot-otot perut juga menjadi lebih kendur dan rileks, yang pada akhirnya dapat mengurangi nyeri, kembung, serta membantu mengeluarkan kelebihan gas.

2. Hindari makanan penghasil gas

Makanan yang dapat memicu produksi gas harus dihindari atau dikurangi. Salah satu penghasil gas adalah karbohidrat yang mengandung fruktosa, laktosa, serta tidak larut, dan fermentasi pati yang akan melepaskan gas ketika berfermentasi.

Sayuran dan buah-buahan sering menyebabkan gas, tetapi menghindari sepenuhnya tidak dianjurkan karena penting untuk tubuh. Nah, cara paling tepat yang bisa dilakukan adalah mengurangi asupannya untuk membantu meminimalkan perut kembung.

Beberapa makanan tersebut, seperti kacang polong, sayuran termasuk brokoli, kol, dan bawang merah, buah-buahan, serta gandum utuh.

3. Perbanyak Konsumsi Serat

Mengonsumsi banyak serat bisa jadi cara mengatasi perut kembung dan sembelit. Medical News Today merekomendasikan, wanita mengonsumsi 25 g serat dan pria mengonsumsi 38 g serat. Namun, jangan mengonsumsi banyak serat dalam waktu singkat karena bisa memperparah perut kembung.

4. Coba kentut atau sendawa

Agar perut tidak lagi kembung, kentut atau sendawa sebaiknya jangan ditahan. Kentut dan sendawa adalah cara alami tubuh untuk mengatasi perut kembung, dengan cara mengeluarkan kelebihan gas di dalam perut.

Maka ketika perut sudah terasa tidak nyaman, cepat-cepat cari kesempatan untuk menjauhkan diri dari orang sekitar untuk buang gas.

Anda juga bisa mengeluarkan gas yang terperangkap dengan buang air besar. Gas akan keluar bersamaan dengan feses dan membuat perut Anda lebih lega.

5. Mandi dengan Air Hangat

Mandi air hangat bisa jadi cara mengatasi perut kembung lainnya yang patut dicoba. Air hangat bisa mengurangi stres sehingga saluran pencernaan bisa berfungsi lebih baik. Dengan begitu, perut kembung juga bisa berkurang.

6.Teh jahe

Sekian lama jahe jadi andalan dalam ilmu pengobatan tradisional maupun modern. Jahe mengandung dua senyawa yakni gingerol dan shogaol untuk mengurangi peradangan usus.

Saat perut kembung, sebaiknya rebus potongan jahe selama 10 menit. Minum air rebusan jahe untuk mengatasi perut kembung. Anda bisa menambahkan madu atau perasan lemon untuk menambah citarasa maupun manfaat.

Silahkan Komentar

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here