Cara Mengatasi Panas Dalam Secara Alami

0
59
views

befren.com – Panas dalam adalah rasa sakit, kering, atau gatal di tenggorokan. Nyeri di tenggorokan adalah salah satu gejala yang paling umum dari panas dalam.Panas Dalam sebenarnya adalah serangkaian gejala yang menyerang mulut, tenggorokan, dan sistem pencernaan.

Gejala sakit tenggorokan dapat bervariasi tergantung pada apa yang menyebabkannya. Sakit tenggorokan bisa terasa:

  • Kering
  • Terasa terbakar
  • Iritasi
  • Gatal

Atasi panas dalam dengan bahan alami

Grass jelly atau cincau

Di tengah tren minuman boba, ada salah satu topping yang juga tak kalah populer yaitu grass jelly yang serupa dengan cincau. Rupanya, grass jelly juga bisa menjadi sumber vitamin dan mineral yang memenuhi kebutuhan kalori harian. Dalam satu penyajian grass jelly, terkandung 184 kalori.

Konsumsi Air Kelapa Muda

Air kelapa muda juga bisa meredakan panas dalam secara alami lho! Mengkonsumsi air kelapa muda dapat membantu mendinginkan sistem pencernaan dari dalam tubuh. Hal ini dikarenakan air kelap amuda menganduk eletrolit yang efektif untuk me-hidrasi tubuh kita. Selain itu, kandungan nutrisinya juga bisa membantu mengembalikan energi kita. Untuk hasil maksimal, konsumsi air kelapa muda ini stiap hari. Bisa juga lho menambahkan madu untuk hasil yang lebih maksimal.

Perbanyak minum air putih

Apakah kamu termasuk orang yang sulit minum air putih setiap hari? Jika iya, ubahlah kebiasaan itu, karena dengan mengonsumsi air putih, tenggorokan tidak akan mengalami dehidrasi dan imun tubuh pun menjadi lebih meningkat.

Selain itu, faktanya nih dengan memenuhi asupan cairan kira-kira sebanyak 8 gelas per hari, dianggap efektif sebagai cara meredakan panas dalam.

Jadi, kalau kamu mulai merasa ada yang mengganjal di tenggorokan, segeralah konsumsi air putih hangat atau dengan mencampurnya bersama madu.

Air lemon

Selain dikenal sebagai bahan utama infused water, air lemon juga bisa mengatasi panas dalam yang biasanya melanda mereka yang sakit flu atau batuk. Kandungan vitamin C dan antioksidan dalam lemon akan meningkatkan jumlah produksi air liur sehingga membran mukosa akan terjaga kelembabannya. Kamu bisa mencampur lemon dengan air hangat serta menambahkan madu. Ini adalah cara untuk memaksimalkan khasiat dari air lemon.

Kayu manis

Tak hanya menjadi bahan membuat kue favorit banyak orang, kayu manis juga dapat diandalkan untuk urusan obat panas dalam alami. Rempah dengan aroma khas ini rupanya tinggi kandungan antioksidan.

Sejak dulu, warga Tionghoa kerap menggunakan kayu manis sebagai obat panas dalam alami tradisional. Bisa mencampurkannya dalam teh atau membuat susu almond dengan kayu manis. Caranya, campurkan susu almond dengan ½ sendok teh kayu manis bubuk, madu, dan 1/8 sendok teh soda kue. Panaskan dalam panci hingga mendidih. Aduk rata dan jadilah susu almond kayu manis untuk meredakan panas dalam.

Silahkan Komentar

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here